Senin, 29 Januari 2018

Resep Nasi Liwet Ikan Asin Jambal Roti

Ikan Asin buat yang gak alergi kayak popnya Nayla, bisa jadi makanan yang enak banget. Cukup digoreng garing makan pakai sambal terasi, sayur asem dan lalapan, ueeeennaaaak banget.
Tapi berhubung pop alergi, gak boleh makan banyak banyak, gw jarang beli ikan asin, kecuali dikasih oleh oleh.

Minggu lalu, pop minta dibikinin nasi liwet ala gw yang biasanya pakai ayam, cuma kali ini gw usulin pakai ikan asin mau gak, ternyata mau.

Di penjual ikan asin langganan tempat kita beli cumi asin, ada ikan jambal roti. Ada dua versi yang mahal dan yang murah hi...hi... beda harganya lumayan, karena baru mau bereksperiment pakai ikan jambal roti ke nasi liwet, gw belilah yang murah.

Eh ternyata bener lo ikan ini setelah di goreng sebentar, mirip roti ketika dagingnya mau gw potong kecil kecil dan sedikit disuir suir. Dan lumayan enak buat campuran nasi liwet ala gw yang gampang dan no MSG. 
Bahan bahan:
Untuk 4 gelas beras
Jamur portobello atau kancing sesuai selera 
Air Jeruk nipis (2 buah)

Bumbu iris :
Bawang bombay 1 butir
Bawang merah 4 butir
Bawang putih 4 butir
Cabe rawit merah, sesuai selera, 10 buah (3 buah diiris)
Sereh 4 buah, jahe dan laos digeprek
4 buah daun jeruk
2 batang daun bawang 
Cara membuat:
Bumbu iris ditumis sampai harum, termasuk jambal roti (habis itu potong kecil kecil atau di suir suir) tambahkan, daun salam, daun jeruk, ditumis cukup sampai keluar aroma harumnya.

Masukin semua termasuk minyak tumisan, kedalam beras yang sudah dicuci dan diberi air.  
Tambahkan air jeruk nipis, garam, gula dan jamur yang sudah dipotong potong.
Masak di magic jar dengan air secukupnya, kalau sudah matang aduk lagi biar tanak.
Penyajian bisa pakai irisan telur dan taburan bawang goreng, kalau suka, selamat makaaaan.

2 komentar:

  1. Wah Sepertinya, Resep ini enak, saya mau coba buat laah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beneran enak mba, plus gampang tinggal cemplung cemplung, selamat masak

      Hapus