Selasa, 02 Oktober 2018

Tips & Trik Alpukat Matang Sempurna

Hi Mom, pernah ngalamin gak kalau beli buah ada yang masih mentah, seperti alpukat misalnya. Biasanya sih saya masukin ke beras kalau ingat, kalau lupa ya didiemin aja di plastik.

Hasilnya bisa ketebak, matangnya hanya setengah, kalaupun matang semua pasti berurat urat coklat yang rasanya pahit gitu, atau malah busuk, nyebelin deh pokoknya. Jadi sebisa mungkin saya beli buah alpukatnya yang matang.

Nah kemarin kebetulan dapat oleh-oleh dari teman yang baik hati (karena satu grup arisan dapat oleh oleh alpukat). Untung saya kebagian yang mengkel, karena si alpukat ini dibawa dulu sama Nayla ketempat dia les, lumayan 3 jam si alpukat meringkuk di tas ransel dia.

Sebelum dia pulang, saya gugling cara memeram alpukat biar matang. Banyak cara ternyata, ada yang dibungkus dengan kantong kertas, ditusuk dengan tusuk gigi bawahnya, dibenamkan ke dalam beras atau tepung,  menaruh alpukat dekat jendela, hingga memotong bagian tangkainya dan dibungkus tisu.

Akhirnya saya pilih cara terakhir karena sudah lama penasaran pingin coba, tapi gak pernah terlaksana. Mumpung ada bahan buat prakteknya ya.

Ini tahapan sederhana ala saya:
1. Cuci bersih buah alpukat yang mau diperam.
2. Potong sedikit dibagian bawah tangkai buah. untuk merangsang keluarnya gas etilen, yang akan membuat buah jadi matang. 
3. Bungkus dengan tisu makan biasa (yang ada di rumah) dan diberi selotip yang rapat. Tujuannya agar tidak terjadi oksidasi, yang akan membuat buah menjadi berwarna coklat dan membusuk.
4. Kemudian buah di letakkan di tempat yang sejuk, pokoknya gak kena matahari langsung gitu deh. Saya meletakkannya di tempat buah yang ada di ruang tamu.

Nah waktu itu saya hanya perlu waktu 2-3 hari untuk membuat alpukat menjadi matang. 
Tu kan bagus banget hasilnya, entah  saya lagi beruntung atau memang benar cara membungkusnya. Soalnya beberapa teman saya sudah pernah mencoba, dan tetap gagal dengan teknik ini.

Cara makannya sih, saya gak terlalu suka yang diblender sampai halus, jadi cukup dikerok dengan sendok, daging buah alpukat mentega langsung lepas dan masih bisa digigit. Biasanya saya hanya memberi sedikit coklat bubuk atau kopi dan susu kental manis.

Kebetulan di rumah lagi ada buah leci, saya tambahin ke dalam gelas berisi buah alpukat, terus dikasih es batu, wuiiiiiih enaaaaaaak banget.
Nyaaaaaaam
ini video ketika alpukat dibelah
Nayla kepingin bawa buah alpukat ke sekolah, biar warnanya tetap hijau saya gak kasih bubuk coklat, tapi tetap dengan tambahan buah leci, licin tandas botol jarnya pas dia bawa pulang, senangnya.
Selanjutnya dia request, sesekali bawa buah alpukat kesekolah, pakai jar, siaaaaaap sayangku.

Selasa, 11 September 2018

Resep Fettucine Carbonara ala Mom Nayla

Hai Moooom, apa makanan kesukaan di rumah?. kalau di rumah saya nih jawabannya sudah pasti, pastaaaaa. Jadi kalau di rumah ada yang ngidam pasta saya pasti suka cita masaknya.

Pasta jenis apapun, dimasak dengan bumbu apapun pasti ludes, tapi yang paling jadi favorit, pasta dengan bumbu carbonara.

Seperti kali ini, lagi lagi requestnya saus carbonara. Pasta yang dipilih fettucine, eh sebetulnya resep ini  pernah saya tulis dan posting, tapi ini versi yang lebih kumplit dan lebih keceeeh fotonya hi...hi....

Resep Fettucine Carbonara: 
Pasta Fettucine 450 - 500 gr, rebus dengan air mendidih yang diberi garam 8-10 menit,  al dente ya,  masih bisa digigit gitu, air rebusan sisain sedikit, jangan dibuang semua.
Smoked beef 6-8 lembar iris kotak kotak
Jamur bulat,  bebas jenis apa saja,  iris 4 bagian
Buncis 20 buah iris kecil kecil
Parsley secukupnya iris halus
Keju (saya suka keju oles,  lebih creamy)
Susu cair putih
Bawang bombay satu 1/2 buah,  iris kecil kecil
Bawang putih 3-4  buah 
Cara membuat:
Bikin roux nya dulu (buat mengentalkan saus), panaskan mentega 3 sendok hingga cair,  tambah kan tepung terigu 3 sendok aduk sampai tercampur dengan mentega.
Tambahkan air dari rebusan pasta  satu gelas, dan keju oles atau keju parut, aduk lagi, samapi semua tercampur.
Masukkan bawang bombay dan parutan bawang putih (kalau saya gak perlu ditumis).
Tambahkan smoked beef (boleh digoreng sebentar dengan mentega bila suka), susu 1 /12 gelas (bisa diganti dengan krim),  jamur,  buncis.
Beri garam,  gula,  dan lada,  koreksi rasa.
Terakhir tambahkan cacahan parsley.
Setelah matang,  masukan pasta,  aduk rata.
Boleh dikasih lagi parutan keju dan taburan parsley.
Nyaaaaaaaam....

#fettucinecarbonara
#pasta
#smokebeef
#parsley
#jamurchampignon

Rabu, 08 Agustus 2018

Resep Garang Asem Ayam Tanpa Daun Pisang

Hi Mom kali ini saya mau bagi resep Garang Asem Ayam, yang sebetulnya dapat dari hasil gugling juga sih. Cuma cara masak  dan campuran bumbu ala saya yang bikin rasanya lebih enak hi.. Hi....

Aslinya masakan ini kan dikukus dan dibungkus atau di tum pakai daun pisang. Tapi entah kenapa kalau udah urusan bungkus pakai daun pisang, tiba tiba jadi males, hi...hi... biasalah penyakit orang yang pingin makan enak tapi gak mau ribet.

Apalagi sejatinya saya ini gak bisa bikin tum, atau membungkus makanan atau lauk dengan daun pisang, yang disemat pakai tusuk gigi atau pakai streples. 

Karena pernah bikin pepes ikan mas, hasilnya bocor, akhirnya dibungkus segiempat gitu saja deh, gak cantik banget makanannya walaupun rasanya enak.

Tapi gak bisa bikin tum dari daun pisang bukan berarti gak jadi bikin garang asem ayam dong.
Resep Garang Asem Ayam:

8-9 potong ayam cuci bersih
Santan dari satu butir kelapa parut
Daun jeruk dan salam
Lengkuas di geprek
Cabe rawit merah utuh 7-10 buah
Tomat hijau 10 buah iris jadi 3 bagian
Belimbing sayur kalau ada
Sereh 3 buah utuh di geprek
Garam, gula, lada secukupnya

Bumbu ulek:
Bawang merah 5 buah
Bawang putih 3 buah
Jahe setelunjuk
Sereh dua buah iris iris

Cara membuat:
Tumis bumbu ulek sampai harum, tambahkan daun salam, daun jeruk, lengkuas dan sereh.
Kemudian masukan ayam, goreng sampai berubah warna. Masukan santan segar dari satu butir kelapa (saya pakai setengah saja).
Aduk rata, tambahkan garam, gula, lada secukupnya.
Kemudian pindahkan ke pinggan tahan panas, tambahkan tomat hijau, belimbing sayur kalau ada, dan cabe rawit merah utuh.
Kukus sampai ayam matang (15-20 menit). 

Lihat versi youtube  Garang Asem Ayam  nya ya mom, happy cooking. 

Selasa, 24 Juli 2018

Resep Saus Salad Aroma Lemon

Kalau lagi diet, gw biasanya makan pecel atau salad, kamu begitu juga kah?.  Tapi kalau harus beli salad yang sudah jadi, sehari juga habis.

Biasanya kalau beli salad, selada bokor gw taruh di bagian bawah dan menutupi pinggiran mangkuk, jadi salad yang diambil bisa lebih banyak hi...hi.... gak mau rugi.
Tuh kan saladnya seperti gunung mau meletus. Makanya biar bisa nambah berkali kali, biasanya sih gw bikin, dengan campuran sayuran dan buah.

Untuk buah biasanya gw pilih semangka atau mangga, tinggal dikupas potong kecil kecil, sedangkan sayurannya (ini biasanya agak banyak, ada wortel, buncis, tomat, jagung manis, timun, brokoli, selada bokor.

Khusus untuk selada gw pilih yang selada bokor atau iceberg lettuce. karena bonggol atau lembarannya besar dengan lembaran daun berlapis lapis yang padat.

Teksturnya yang paling gw suka karena renyah dengan cita rasa segar.  Dimakan dalam keadaan dingin lebih enak, crunchy.
Selada bokor, tomat, timun (buang tengahnya) dan buah buahan tambahan, disajikan mentah. sedangkan jagung manis, buncis, wortel, brokoli, di blanching atau direbus sebentar di air mendidih. Simpan semua di kulkas sebelum disajikan.

Untuk mayonaisnya, beli merek apapun, biasanya gw tambahin cacahan telur rebus satu buah, cacahan setengah butir bawang bombay, air lemon, garam, gula, lada secukupnya, dan parutan kulit jeruk lemon, penting banget ini, dijamin saus saladnya seger banget. Selamat mencoba ya.

Jumat, 20 Juli 2018

Resep Palai Bada ala Mama Suharti

Mama Mertua Suharti Rasul, yang asli padang, ngakunya baru belajar masak pas dia nikah sama Alm papa mertua Zulmi Budjang. Tapi masakannya enak semua. Te o pe begete deh.

Beliau ini punya resep masakan masakan rumah yang jarang ada di rumah makan padang. Salah satunya Palai Bada atau pepes ikan teri basah, rasanya endes banget. Nayla aja langsung suka begitu ngerasain si palai ini.
Bikinnya agak ribet 😋. Tapi Mama mertua, Suharti Rasul, mau berbagi resepnya.  Alasannya sih, siapa tau nanti gw mau praktekin resep ini.

Resep Palai Bada:
Ikan teri basah sekilo dibersihkan buang kepalanya. 
1 butir kelapa parut. 

Bumbu ulek: 
Laos, jahe, kunyit. 
Bawang putih 3 butir. 
Bawang merah 7 butir. 
Sereh 4 batang 
Cabe rawit merah 10 buah (sesuai selera). 
Daun kunyit 4 lembar dan daun ruku~ruku (daun kemanginya orang padang) diiris-iris tipis. 

Cara Membuat:
Semua dicampur jadi satu plus diberi perasan air jeruk nipis (2 buah), garam secukupnya. 
Setelah dibungkus daun pisang, dikukus selama 10-15 menit. Biar tambah harum, setelah dikukus, dibakar kulit pisangnya bolak balik. Resep ini bisa jd 10 bungkus Palai Bada.
Palai Bada dengan nasi anget

Rabu, 04 Juli 2018

Resep Pisang Goreng Uli Cocol Sambel

Makan pisang goreng pakai sambal? ternyata enak banget. dulu rasanya aneh, pas lihat teman kantor kalau sore sambil ngetik dia makan pisang goreng pakai sambel yang dia pesan dari kedai kantor.

Cuma karena dia dari Manado, jadi maklum karena dia memang suka sambal. Dan sekitar dua tahun lalu gw sama Nayla tiba tiba kepingin beli pisang pakai sambel ini ketika lagi di salon, banyak yang potong rambut sambil nyemil makanan ini.

Akhirnya kita ikut ngantri beli di warung Manado sebelah salon itu. Ternyata enak banget lo, kita langsung kepincut, pisangnya gak terlalu manis, mengkel digoreng pakai tepung, terus dicocol sambel terasi yaaaam.

Tapi bukan dengan sambel terasipun, pisang goreng model kayak gini, enak dicocol dengan sambel lain, seperti saat ini lagi ada sambel Bu Rudi. 

Makanya kalau lihat ada sambel dan ada pisang uli bawaanya bikin pisang goreng lapis tepung cocol sambel.

Resep Pisang Uli Goreng

Bahan bahan:
Pisang uli yang belum terlalu matang, kupas dan di belah dua memanjang.

Adonan tepung pisang:
Tepung terigu 8 sendok, mentega satu sendok, telur satu butir, garam, gula dan air secukupnya, aduk jadi satu.

Cara membuat:
Masukkan pisang dalam adonan tepung, goreng sampai kuning kecoklatan dengan api sedang.  
Adonan tepung gw kasih gula sedikit karena papanya Nayla ini belum bisa menerima makan pisang goreng dengan sambel hi...hi...

Resep Nasgor Kepal Rumput Laut

Ketika es kepal milo ngehitzzz jadi kepingin bikin nasi goreng kepal hi...hi....

Nasi gorengnya sih nasi goreng biasa. Gw biasanya cuma bikin dengan bumbu minimalis, bawang merah, bawang putih, cabe, bisa diris iris atau di ulek, tumis dengan mentega, kalau sudah harum masukin nasi, pecahin telor di nasi (u know what i mean  ya😁😁), aduk rata kasih garam, lada dan kecap.

Berhubung mau bikin nasi kepal bungkus rumput laut, kecapnya gw skip, biar nasinya keliatan. 

Ketika nasi goreng sudah tidak terlalu panas, ambil sekepal tangan, tengahnya kita masukin keju, tutup dan kepal keju di tengah nasi, baru deh dibungkus sama rumput laut berbentuk lembaran kotak-kotak ukuran sedang yang banyak dijual di supermarket.
Lumayan buat bekal sekolah, biar Nayla gak bosen bawa bekal makan cuma itu-itu saja, lagipula rasa nasi gorengnya buat yang doyan keju dan rumput laut, jadinya lebih enak, kalau kata Nayla seperti makan sushi😚