Kamis, 08 April 2021

Resep Acar Timun

Hi Mom...

Beberapa resep di blog ini kadang gw posting dua kali. Biasanya karena resep tersebut gw modifikasi sedikit,  sedikiiiit banget😍.

Seperti kali ini nih gw bikin lagi acar timun untuk teman makan, tetap masih pakai resep dari mba Mis, mba yang bantu gw dari Nayla masih bayi (sekarang dia sudah gak sama gw sejak punya anak).

Resep Acar Timun

Bahan:

- Wortel 3 buah

- Timun 3 buah

- Nanas madu 1 buah

- Bawang merah 15 buah

- Cabe rawit 10 

- Cuka, garam dan gula secukupnya

Semua di iris kecil kecil

Cara membuat: 

Masukan di toples kaca, air hangat 2 gelas beri gula 2 1/2 sendok, garam 1/2 sendok dan cuka 3 sendok (koreksi rasa, yang penting asin manis asem kecut).

Campur semua bahan kedalam air cuka. Bisa langsung dimakan atau simpan dulu semalaman di kulkas biar rasanya lebih meresap.

Acar ini bisa buat teman makan nasi goreng, soto atau kadang buat sarapan nasi pakai telor dadar juga sudah enak.

Selamat mencoba mom, makasih sudah mampir di sini. Jaga kesehatan ya tapi jangan lupa untuk bahagia. 

#acar

Rabu, 07 April 2021

Resep Churros Anti Gagal

Hi Mom...

Sudah lama sebetulnya Nayla minta bikinin churros chemilan khas yang berasal dari Spanyol. Banyak yang bilang si churros ini donat ala Spanyol.

Karena rasanya memang mirip donat, begitupun dengan cara membuatnya yaitu dengan cara di goreng. Hanya saja bentuk churros lebih unik, gak bulat dan bolong tengahnya, tapi panjang kayak tongkat.

Topping yang dioles di badan churros hanya gula halus dan bubuk kayu manis selagi hangat biar nempel. Boleh langsung di makan begitu saja atau di cocol sesekali ke dalam coklat leleh nyaaaam.

Akibat pandemi sekarang pop sama Nayla  kerja dan sekolah dari rumah, jadi bawaannya pingin nyemil aja. Entah habis nonton apa, tiba tiba Nayla punya usulan ke mamanya buat bikin churros.

Secara belum pernah bikin, akhirnya cari tutorial bikin churros yang enak tapi simple gak pakai ribet. Semua bahan sepertinya ada semua di rumah, sayang coklat batangan untuk dibuat cocolannya habis.

Pakai yang ada aja deh apalagi pandemi begini, jangan sering keluar rumah.Kebetulan nih masih ada sekaleng kental manis rasa coklat, dan ternyata cocok dan enak juga dipakai sebagai cocolan churros.

Resep churros enaak

- 75 gr (7 sendok makan) tepung terigu apa aja boleh, atau merek segitiga biru.

- 1 butir telur ayam

- 40 gr mentega (1 sendok munjung)

- 125 ml air (1 gelas kecil)

- gula pasir 1 sendok

- 1/4 sendok garam

Cara membuat:

- Campur air garam gula dan mentega, aduk hingga mendidih dan mentega cair.

- Tambahkan tepung terigu aduk hingga kalis, dinginkan selama 15 menit

- Setelah dingin tambahkan satu butir telur aduk hingga kalis kembali.

- Masukkan ke dalam plastik yang telah diberi spuit berbentuk bintang

- Goreng dengan minyak yang banyak dan api sedang. Ukuran panjang churros sesuai selera, potong dengan gunting bersih.

- Sajikan dengan taburan gula halus dan bubuk kayu manis (bisa di skip) dan kental manis rasa coklat untuk cocolan.

Tuh kan gampang cara buatnya, silahkan dicoba ya mom. Makasih buat yang sudah mampir, jaga kesehatan tapi jangan lupa untuk bahagia. Selamat makaaan.

Minggu, 04 April 2021

Resep tempe Penyet Kemangi

Hi Mom...

Di tv lagi seliweran acara makan makan yang nampilin seorang koki bikin tempe penyet sambal terasi pakai daun kemangi . Waduuuuh auto ngeces kan nontonnya.

Di rumah tempe tempe garit kayak gini gak bakalan laku, kecuali  dicampur sama Cumi Asin Cabe Ijo atau digoreng garing pakai tepung alias dibikin tempe mendoan.

Tapi melihat tempe garit digeprek di atas sambal terasi rasanya kok enak ya. Langsung deh beli bahan bahanya di toko sayur di lantai bawah.

Resep tempe penyet kemangi:

Bahan:

- Tempe dipotong sedang, goreng tanpa bumbu.

- Kemangi 1 ikat

Bumbu sambal terasi:

- Bawang merah 8 buah

- Bawang putih 3 buah

- Cabe rawit merah 6 buah

- Cabe kriting 8 buah

- Tomat 1 buah

- Terasi 2 buah (bakar sedikit)

Ulek deh semuanya, pas mau makan tata beberapa tempe garing di batu ulekan, beri sambal terasi dan kemangi ulek sebentar biar baunya keluar.

Makannya pakai ikan goreng atau ayam goreng sama nasi hangat wuaaaaah surgaaa. Sayurannya suka suka bisa pokcoy, terong atau labu kecil kecil, gw sih biasanya cukup direbus aja. 

Makasih buat yang sudah mampir, jaga kesehatan ya tapi jangan lupa bahagia. Selamat makan....

Rabu, 14 Oktober 2020

Resep Cumi Asin Cabe ijo

Hi Mom...

Cumi asin belakangan ini jadi favorit di rumah kita. Nayla yang tadinya gak terlalu suka (hanya gw dan Doddy biasanya yang ngabisin), sekarang malah ketagihan.

Kalau gw sih suka banget sam cumi asin cabe ijo buatan mami. Bahkan dulu ketika masih kerja dan ngekos dekat kantor, kalau pulang ke rumah pasti minta bekelin cumi asin cabe ijo segambreng.

Akhirnya coba coba masak sendiri, malah akhirnya setelah otak atik ketemu racikan bumbu yang pas plus cara bikin cuminya empuk dan gemuk ginuk ginuk gitu.

Sudah rahasia umum cumi diasinin tanpa dibersihkan lebih dahulu. Makanya pas masak cumi asin ini, gw gak mau diganggu gugat sama kerjaan lain lebay banget ya hi...hi...

Akhirnya Nayla tahu, ketika dia bantuin bikin masakan ini dari awal. Saat itu dia gw kasih kerjaan gampil, potong potong tempe ukuran bentuk dadu, terus dia goreng sampai garing.
Tempe goreng bentuk dadu bikinan Nayla
Sementara gw keluarin tuh satu per satu pedang (istilah gw dari kecil) dari dalam perut cumi sekalian buang mata dan tengah kepala yang ada di sungut cumi.

"Pantes mama gak mau diganggu kalau mau masak cumi asin ya," katanya pas ngeliat maknya bersihin cumi sambil ngedeprok depan tv.

Eh tapi bersihin cuminya gak cuma sampai disitu, ada proses selanjutnya yaitu dibersihin di air yang mengalir sampai kulitnya putih. Isi perutnya juga gw keluarin, percaya gak tanpa itu semua cumi ini masih asin banget.

Habis itu gw masukin cumi cumi ini ke dalam air mendidih selama 5 menit, lalu ditiriskan. Simsalabim taraaaaa cumi cuminya jadi empuk dan montoq.
Cumi asin montog, manggil2 minta dimakan
Resep Cumi Cabe Ijo Pedas
Bahan bahan:
- 1 kg cumi asin, bersihkan.
- 2 papan tempe, potong dadu goreng garing.

Bumbu Tumis:
- 2 buah bawang bombay, iris memanjang.
- 10 bawang merah, dirajang.
- 8 bawang putih dirajang.
- Cabe hijau 15 buah, cabe rawit merah 15 buah diiris serong.
- 1 ruas lengkuas, digeprek.
- 1 ruas jahe, digeprek.
- 10 buah batang seteng, sebagian diiris kecil kecil ujungnya yang lunak, sisanya di geprek.
- 6 buah daun jeruk, buang batangnya terus diiris halus.
- 4 buah daun bawang, diiris halus.
- Kecap manis, garam dan gula secukupnya.
Bumbu2 cumi cabe ijo
ini yang bikin pedas
Cara Membuatnya:
- Tumis bawang bombay sampai layu, masukan bawang putih, irisan sereh, jahe, lengkuas tumis sampai bumbu harum.
- Tambahkan cabe ijo, rawit merah, daun jeruk dan batang sereh yang di geprek.
- Setelah cabe setengah layu baru masukkan cumi, tumis sampai terlumuri sama semua bumbu.
- Terakhir masukkan tempe, daun bawang dan bawang merah. Kenapa bawang merah terakhir, biar manisnya bawang merah masih terasa.
- Tambahkan kecap manis kalau suka (gw sih syuuuka) kasih garam sedikit (ingat ya cumi masih asin) dan gula sedikit biar rasanya seimbang.

Makan ini biasanya pakai labu kecil kecil yang direbus sama kerupuk putih, nyaaaaam. Makasih ya sudah mampir di sini jaga kesehatan tapi jangan lupa untuk bahagia.

Rabu, 10 Juni 2020

Resep Sambal Goreng Belimbing Wuluh

Hi Mom...

Bikin sambal goreng atau sambal tumis atau kadang gw sebut balado udah sering sih, tapi bikin tulisan tentang sambal ini sendiri belum pernah. 
 Biasanya bikin sambal goreng ini dicampur ikan, telor  atau terong seperti yang pernah gw bikin Resep telor ceplok balado Resep ikan asin balado mami eke atau Resep si manis ikan belanak balado

Makanya kali ini gw bikin khusus buat sambal idola di rumah kita. Gimana gak jadi idola wong di makan sama lalapan apa saja baik direbus digoreng ataupun dengan lauk beda beda rasanya nyambung, enak banget.

Seperti biasa karena gw gak bisa ngulek, bisanya numbuk😀. Jd kalau bikin sambal buat nyetok yang banyakan dikit ya cabe dan bawang di rebus sebentar atau di goreng baru deh di ulek.
Resep Sambal goreng Belimbing wuluh. 
Bahan bahan:
- Belimbing wuluh 20 buah potong jadi 4. Buang ujungnya ya
- Cabe merah panjang 25-30 buah
- Cabe Rawit merah 20 buah
- Bawang merah 1/4 kg
- Bawang putih 10 buah
- Gula merah 1 1/2 buah sisir halus
- Terasi bakar 3 buah
- Tomat merah 1-2 buah
- Air asem jawa kalau ada
- Daun jeruk 5-8 lembar
- Jeruk nipis 1-2 buah
Cara membuat : 
- Tumis ulekan cabe, bawang, tomat dan terasi tambahkan daun jeruk sobek sobek daunnya.
- Kalau sudah matang masukan gula merah, garam secukupnya, air asem jawa yg kental dan belimbing wuluh.
- Kalau api sudah mati, kucurkan jeruk nipis.

Rasanya pedes, asem manis segar gitu deh😀
#sambalgoreng

Minggu, 07 Juni 2020

Resep Kue Sus ala Mom Nayla

Hi Mom...

Kue sus termasuk kue favorit gw, gw bisa ngabisin sendiri 4 buah sus gede dengan vla banyak pakai rhum. Sekarang jarang yang pakai rhum mungkin setelah banyak yang tahu kalau rhum mengandung alcohol.

Kalau melihat yang jualan dimana mana pasti ada kue sus ini, gw perkirakan sih semua orang sudah banyak yang  bisa bikin, gw aja keknya yang baru pertama kali bikin😀.
Karena lupa beli maizena, akhirnya gw pakai vla instan rasa vanila dan coklat yang menurut gw sih enak banget, apalagi kalo ditaro (taro?😁😂) di freezer dulu, kek makan ice cream.

Sempat keenceran dikit sih padahal udah pakar bikin vla instan, grogi keknya 😂. Untung setelah sus dimasukkan ke kulkas, vlanya kenceng lagi dan lebih endes rasanya.

Nayla sama pop bolak balik nyobain. Panggangan pertama dan kedua sempat gagal bawahnya bolong karena nempel di kertas roti, tapi hasilnya bagus berongga kulit dalamnya. Walhasil vla gw masukin terbalik dari bawah kue sus.

Panggangan ketiga sukses karena kertas roti gw kasih mentega, lumayanlah untuk bikin kue sus pertama kali kayaknya gak gagal. Lain kali pingin bikin kue sus yang besar dengan vla homemade buatan sendiri.

Karena gw pk vla instan, resep kulit aja yg gw share ya. Seperti biasa bahan gw lebihin dari resep contekan.

Resep kue sus (46 buah ukuran sedang)
Bahan bahan:
Terigu protein tinggi 200 gr
Telur 5 buah
Margarin 150 gr
Susu cair 150 gr
Air putih 150 gr
Garam 1/4 sdm

Cara membuat:
- Masak sampai mendidih margarin, susu dan air.
- Matikan api, masukan sedikit demi sedikit terigu aduk sampai tercampur rata.
- Nyalakan kompor dengan api sedang, masak adonan sampai kalis alias adonan bisa dipegang tangan gitu.
- Kalau sudah agak dingin, masukkan telur satu satu, kocok pk mixer.
- Masukkan adonan ke plastik cetakan.
- Panaskan oven dulu selama 15-20 menit di suhu 210 CL. Biar adona kue sus bisa berongga pas matang.
- Masukkan cetakkan kue sus (kertas roti di kasih mentega ya) turunkan suhu jadi 200 CL, panggang selama 20 menit.
- Setelah 20 menit turunkan suhu jadi 180 CL, panggang lagi selama 15 menit atau sampai bubbling di kulit sus sudah gak ada.
- Isi vla kalau kulit sus sudah dingin.

Selamat mencoba ya mom, lain kali gw share deh vla bikinan sendiri bukan yang instan.

Kamis, 04 Juni 2020

Resep Cilok Kuah Pueedeees

Hi Mom...

Edisi cilok lagi nih kebetulan di kulkas masih ada sisa 9 biji cilok beku isi gajih dari Garut. Cukuplah buat cemilan kita bertiga😀. 

Kali ini bumbunya minimalis malah lebih enak dan puuedees. Cukuplah buat ganjel sebelum makan siang, atau di makan sore sore pas hujan ya kan, kita biasanya makan ini pakai kerupuk putih.
Resep Kuah Cilok -  9 buah cilok (cuma ada itu di kulkas😀)
Bahan bahan:
-  10 buah tahu goreng atau tahu putih, belah dua.
-  5 buah bawang merah.
-  3 buah bawang putih.
-  3 buah cabe rawit merah.
-  Daun bawang.
-  Saos sambal.
-  Garam dan gula secukupnya.
Cara membuat:
-  Ulek semua bahan, tumis sampai harum tambahkan air 1 1/2 gelas.
-  Masukkan cilok dan tahu, tambahkan daun bawang, saos sambal, garam dan gula secukupnya.
Tuuuuh seger kan mom, yuuuuk dicobain bikin di rumah ya ...

#cilok
#cilokkuah