Rabu, 10 Juni 2020

Resep Sambal Goreng Belimbing Wuluh

Hi Mom...

Bikin sambal goreng atau sambal tumis atau kadang gw sebut balado udah sering sih, tapi bikin tulisan tentang sambal ini sendiri belum pernah. 
 Biasanya bikin sambal goreng ini dicampur ikan, telor  atau terong seperti yang pernah gw bikin Resep telor ceplok balado Resep ikan asin balado mami eke atau Resep si manis ikan belanak balado

Makanya kali ini gw bikin khusus buat sambal idola di rumah kita. Gimana gak jadi idola wong di makan sama lalapan apa saja baik direbus digoreng ataupun dengan lauk beda beda rasanya nyambung, enak banget.

Seperti biasa karena gw gak bisa ngulek, bisanya numbuk😀. Jd kalau bikin sambal buat nyetok yang banyakan dikit ya cabe dan bawang di rebus sebentar atau di goreng baru deh di ulek.
Resep Sambal goreng Belimbing wuluh. 
Bahan bahan:
- Belimbing wuluh 20 buah potong jadi 4. Buang ujungnya ya
- Cabe merah panjang 25-30 buah
- Cabe Rawit merah 20 buah
- Bawang merah 1/4 kg
- Bawang putih 10 buah
- Gula merah 1 1/2 buah sisir halus
- Terasi bakar 3 buah
- Tomat merah 1-2 buah
- Air asem jawa kalau ada
- Daun jeruk 5-8 lembar
- Jeruk nipis 1-2 buah
Cara membuat : 
- Tumis ulekan cabe, bawang, tomat dan terasi tambahkan daun jeruk sobek sobek daunnya.
- Kalau sudah matang masukan gula merah, garam secukupnya, air asem jawa yg kental dan belimbing wuluh.
- Kalau api sudah mati, kucurkan jeruk nipis.

Rasanya pedes, asem manis segar gitu deh😀
#sambalgoreng

Minggu, 07 Juni 2020

Resep Kue Sus ala Mom Nayla

Hi Mom...

Kue sus termasuk kue favorit gw, gw bisa ngabisin sendiri 4 buah sus gede dengan vla banyak pakai rhum. Sekarang jarang yang pakai rhum mungkin setelah banyak yang tahu kalau rhum mengandung alcohol.

Kalau melihat yang jualan dimana mana pasti ada kue sus ini, gw perkirakan sih semua orang sudah banyak yang  bisa bikin, gw aja keknya yang baru pertama kali bikin😀.
Karena lupa beli maizena, akhirnya gw pakai vla instan rasa vanila dan coklat yang menurut gw sih enak banget, apalagi kalo ditaro (taro?😁😂) di freezer dulu, kek makan ice cream.

Sempat keenceran dikit sih padahal udah pakar bikin vla instan, grogi keknya 😂. Untung setelah sus dimasukkan ke kulkas, vlanya kenceng lagi dan lebih endes rasanya.

Nayla sama pop bolak balik nyobain. Panggangan pertama dan kedua sempat gagal bawahnya bolong karena nempel di kertas roti, tapi hasilnya bagus berongga kulit dalamnya. Walhasil vla gw masukin terbalik dari bawah kue sus.

Panggangan ketiga sukses karena kertas roti gw kasih mentega, lumayanlah untuk bikin kue sus pertama kali kayaknya gak gagal. Lain kali pingin bikin kue sus yang besar dengan vla homemade buatan sendiri.

Karena gw pk vla instan, resep kulit aja yg gw share ya. Seperti biasa bahan gw lebihin dari resep contekan.

Resep kue sus (46 buah ukuran sedang)
Bahan bahan:
Terigu protein tinggi 200 gr
Telur 5 buah
Margarin 150 gr
Susu cair 150 gr
Air putih 150 gr
Garam 1/4 sdm

Cara membuat:
- Masak sampai mendidih margarin, susu dan air.
- Matikan api, masukan sedikit demi sedikit terigu aduk sampai tercampur rata.
- Nyalakan kompor dengan api sedang, masak adonan sampai kalis alias adonan bisa dipegang tangan gitu.
- Kalau sudah agak dingin, masukkan telur satu satu, kocok pk mixer.
- Masukkan adonan ke plastik cetakan.
- Panaskan oven dulu selama 15-20 menit di suhu 210 CL. Biar adona kue sus bisa berongga pas matang.
- Masukkan cetakkan kue sus (kertas roti di kasih mentega ya) turunkan suhu jadi 200 CL, panggang selama 20 menit.
- Setelah 20 menit turunkan suhu jadi 180 CL, panggang lagi selama 15 menit atau sampai bubbling di kulit sus sudah gak ada.
- Isi vla kalau kulit sus sudah dingin.

Selamat mencoba ya mom, lain kali gw share deh vla bikinan sendiri bukan yang instan.

Kamis, 04 Juni 2020

Resep Cilok Kuah Pueedeees

Hi Mom...

Edisi cilok lagi nih kebetulan di kulkas masih ada sisa 9 biji cilok beku isi gajih dari Garut. Cukuplah buat cemilan kita bertiga😀. 

Kali ini bumbunya minimalis malah lebih enak dan puuedees. Cukuplah buat ganjel sebelum makan siang, atau di makan sore sore pas hujan ya kan, kita biasanya makan ini pakai kerupuk putih.
Resep Kuah Cilok -  9 buah cilok (cuma ada itu di kulkas😀)
Bahan bahan:
-  10 buah tahu goreng atau tahu putih, belah dua.
-  5 buah bawang merah.
-  3 buah bawang putih.
-  3 buah cabe rawit merah.
-  Daun bawang.
-  Saos sambal.
-  Garam dan gula secukupnya.
Cara membuat:
-  Ulek semua bahan, tumis sampai harum tambahkan air 1 1/2 gelas.
-  Masukkan cilok dan tahu, tambahkan daun bawang, saos sambal, garam dan gula secukupnya.
Tuuuuh seger kan mom, yuuuuk dicobain bikin di rumah ya ...

#cilok
#cilokkuah

Selasa, 26 Mei 2020

Tekwan ala Mami Hanna

Hi Mom...

Lebaran itu kan identik dengan ketupat, opor ayam, rendang, atau sambel ati ampela. Di rumah mami juga gitu tapi ada yang spesial selain makanan makanan tadi, Tekwan.

Yup karena mami asli dari Palembang wong kito galo wkwkwkwk. Anak anaknya plus tamu tamu yang datang pasti nyariin makanan spesial ini. 

Mau makan tekwan dimana saja hanya rasa tekwan ini yang kita suka, maklum dari kecil mami masak ini.

Biasanya saat Lebaran, ada hari spesial kayak wisuda atau bahkan ketika gw sakit dia bikinin dan dibawain ke rumah sakit.

Tahun ini pun, walaupun hanya di rumah saja karena ada pandemi Covid-19 mami tetap bikin nitip bahan bahannya di tukang sayur sama nitip anaknya yang sempat ke supermarket.

Sayangnya gw sekeluarga gak bisa ke rumah mami, daerah kami zona merah bok sedangkan mami sudah masuk zona hijau. 

Kasian kami takut mami tertular kan gak tahu jangan jangan kami carier si virus alias penderita tanpa gejala.

Setelah lebaran kedua akhirnya tekwan buatan mami Hanna Hassan omanya Nayla sampai juga di perut kita.

Perjuangan banget buat si tekwan  sampai ke rumah kita. Dua hari di php terus sama ojol bahkan hari ini setelah nunggu berjam jam, ojol yang tinggal sepelemparan batu sampai di rumah mami di cancel juga sama mba ojol.

Gara gara banyak gang di komplek mami di palang dan si mba males nyari.
Untung ya mas ojol yang terakhir gak nyerah. 3 bulan gak ketemu, 3 bulan hanya video call sama berkirim makanan sedikit mengurangi kerinduan ketemu mami langsung. I miss u Mami.

Sabtu, 23 Mei 2020

Resep Sagu Keju Endeeus

Hi Mom...

Masih tentang kue lebaran yang pingin gw bagikan lewat blog ini bucket list ketiga kue kering sagu keju. Sila klik ini buat lihat Bucket list yang pertama gw Nastar dan yang kedua  Kastengel.

Sejak pertama bikin sagu keju ini pop alias suami gw alias kembarannya Nayla langsung jatuh cinta. Enaaaaak banget katanya ya iyalah gimana gak enak kejunya double, gw pakai keju apel sama keju cheddar.
Tapi jangan lihat bentuknya ya maklum baru dua kali lebaran bikinnya😊 tapi soal rasa bolehlah diadu (ayam kali). 

Seperti biasa gw pakai resep dari  Youtubenya Fatma Bahalwan, tapi resepnya seperti biasa gw modifikasi dikit.

Resep Sagu Keju (kurleb 85 keping) 
Bahan bahan: 
- Tepung sagu 300 gr, sangrai sampai kering dan ringan bersama 4 lembar daun pandan.
- Gula halus 150 gr.
- Butter 80 gr
- Margarin 100 gr
- Keju edam 200 gr
- Keju kraft 100 gr diparut, trus dianginkan atau dimasukkan ke kulkas biar kering.
- Santan kental 100 ml
- Telur 2 butir (kuningnya saja). 

Cara Membuat:
- Kocok sampai pucat butter, margarin dan gula halus (kurleb 5-7 menit).
- Masukkan keju edam dan cheddar kocok biar tercampur.
- Matikan mixer, tambahkan sagu sedikit sedikit sambil diaduk rata dengan spatula.
- Tambahkan santan aduk rata kembali.
- Masukkkan adonan ke plastik segitiga, pakai spuit berbentuk bintang.
- Cetak di loyang yg sudah diberi kertas roti (disemir mentega) taburi keju cheddar atasnya.
- Panggang di suhu 140 celcius panas atas bawah selama 40 menit. Karena panggangan atas lebih cepat panas, setelah 20menit adonan kue yg di bawah bisa dituker ke atas.

Setelah matang kue sagu keju warnanya putih cream gitu dan renyah, tapi pastinya lumer di mulut.

#kuesagukeju
#sagukeju

Jumat, 22 Mei 2020

Resep Kastengel yang Ngejuuu Banget

Hi Mom...

Kali ini pingin bagi bagi resep kastengel yang harusnya sudah ditulis lebaran tahun lalu ketika pertama kali bikin kue kering ini sekalian nyobain oven listrik baru.

Kastengel termasuk salah satu isi bucket list gw, selain Nastar dan Sagu keju yang pingin gw bikin. karena kita sekeluarga suka beli ini kalau lebaran. 
Penasaran bangetlah bagaimana cara bikinnya sama belum nemu yang rasanya ngeju banget. 

Akhirnya mengumpulkan niat (tepatnya mengumpulkan bahan kue dan alat masaknya). Tahun lalu khusus untuk omanya, Nayla cetak dan baking sendiri.

Resep masih nyontek youtube masaknya Fatmah Bahalwan, tapi kejunya yg tadinya hanya keju Edam 200 gr (jadinya malah seluruh edam dimasukin 300 gr karena salah lihat kemasan keju wkwkwkwkwk).

Habis itu malah eke tambahin Kraft Cheddar 100 gr, ampooon😀 tadinya  pingin ngasih Parmesan juga sayang gak nyetok.

Bahkan nih karena adonan masih ada tapi taburannya habis, sedangkan kita mager buat beli lagi akhirnya sebagian pakai keju slice hi...hi... Bebas namanya juga buat maem sendiri. 
Rasanya gimana? Kejuuuuu banget. Ketemu juga sama rasa kastengel yang gw mau ngeju banget sekaligus ada rasa creamy creamynya gitu


Dan seperti tahun lalu kali ini lupa lagi beli rolling pin sama pelastik hi...hi... maklum lagi pandemi kayak gini nyicil beli bahan kue nunggu toko sepi dan buru buru😀. 

Pakai botol buat gilingnya sama pakai pelastik bungkus makanan aja deh buat alas gilingnya.
Resep Kastengel:
Bahan bahan:
- Terigu protein sedang 400 gr.
- Butter 200 gr.
- Margarin 100 gr.
- Keju apel (edam) 300 gr (boleh 200 gr)
- Keju cheddar 100 gr (boleh di skip)
- Susu bubuk 2 sdm
- Kuning telur 2 buah
- Kuning telur 4 buah, kental manis 3 sendok, minyak sayur 3 sendok aduk rata untuk olesan.

Cara membuat:
- Kocok rata butter, margarin dan kuning telur.
- Masukkan kedua keju kocok rata dengan mixer.
- Matikan mixer, masukkan susu bubuk aduk rata.
- Masukan terigu sedikit sedikit, gw aduk dengan sendok kayu.
- Adonan digilas di alas pelastik, cetak pakai cetakan kastengel, kalau gak ada cetak manual, tebal 5 mili.
- Oles kuning telur dan taburi keju cheddar. Panggang di panas 120 cl selama 20 menit, gw biasanya sebelum 20 menit oles lagi dengan kuning telur tambahin 10 menit manggangnya.

Happyyyy baking ya mom.....

Kamis, 21 Mei 2020

Resep Nastar Dahsyat

Hi Mom...

Foto foto sudah beberapa minggu ini lagi demen pakai tote bag besar kesayangan buat jadi alas foto. Semoga gak bosen ya.

Ini lebaran kedua  gw sama Nayla bikin nastar (saking pemalasnya belum pernah dimasukin ke blog). Maklum ketemu sama oven yang low watt baru tahun lalu dan langsung jatuh cinta sama si oven Kirrince ini.

Makanya salah satu bucket list gw bikin nastar super enak harus terwujud. Kalau salah satu berarti ada lagi dong daftar di bucket list? yup yang selanjut gw bikin Kastengel dan Sagu keju klik ya biar bisa lihat resepnya.

Karena kita bertiga penggemar nastar, sayangnya nastar yang menurut kita lumayan enak harganya mahal, gak puas makannya.

Dari hasil buat sendiri gw juga jadi tahu, ada bahan yang kurang dari nastar yang selama ini gw pikir lumayan enak. 

Butter, Wisjman dan selai nanas yang enak adalah kunci, akhirnya ketemu juga yang pas sama selera kita. 
Resep pakai punyanya Fatma Bahalwan yang gw modifikasi makanya rasa kulit dan isiannya juara (muji diri sendiri 😀), lumer di mulut tapi gak gampang hancur❤

Resep Nastar (164 nastar) 
Bahan Bahan:
- Terigu protein sedang 700 gr.
- Butter 250 gr. 
- Wisjman 250 gr.
- Kuning telur 4 buah, untuk campuran kulit nastar.
- kuning telur 3 buah, minyak sayur 3 sdm, kental manis 3 sdm (untuk olesan).
- Gula halus 100 gr.
- Susu bubuk 4 sdm.
- Nanas madu 13 buah (jadi 164 bulatan isian kurleb @2 gr).
Parut nanas madu dengan parutan keju, masak hingga airnya mengering dengan 3 buah kayu manis baru masukkan gula pasir sedikit karena sudah manis dan sedikit garam.
Cara membuat: 
- Kocok butter + wisjman (dalam keadaan dingin agar adonan gak berubah bentuk) dan gula halus, jangan lama lama ngocoknya, kemudian masukkan kuning telur.
- Matikan mixer masukkan susu bubuk dan terigu aduk dengan spatula.
- Ukuran kulit nastar kurleb @8 gr.
- Masukkan isian nanas ke kulit nastar, bulatkan yang rapat. Panggang di suhu 140 cls selama 40 menit.
- Ketika sudah di panggang 20 menit keluarkan dan dinginkan baru oles dengan campuran kuning telur dan kental manis.
- Panggang lagi hingga matang. Kemudian oleskan lagi kuning telur, panggang lagi sebentar 5-10 menit.
Cek loyang ya, sesekali tukar loyang bawah ke atas (loyang atas cepat bikin kulit matang). 
Kata Adek ipar gw, rasa nastarnya dasyat, hi...hi...  Dari dia ini tercipta ide nama nastar dahsyat yihaaaa.
Pastilah wong bahan resepnya lebay gitu. Selamat mencoba ya mam semoga sukaaaa.

#nastar
#nastarenak
#nastarpremium
#nanasmadu