Selasa, 04 Juni 2024

Resep Pangek Padeh Tuna ala Mama Suharti

Siapa sih yang gak suka masakan Padang?. Masakan yang identik dengan santan dan bumbu berlimpah rempah yang melekoh (bumbu medok istilah alm. Bondan Winarno).

Berhubung mama mertua asli Padang, pastinya banyak masakan enak-enak yang selalu dia bikin untuk kita. Salah satunya masakan berkuah yang sehat tapi enak tanpa santan sama sekali.

"Pangek Padeh Tuna.jpeg"
Masakan sehat mama Suharti yang jadi favorit suami ini biasa disebut asam padeh atau kadang pangek padeh yang warnanya merah merona. Awalnya pas lihat masakan ini bikin merinding "apa kabar usus gw, bakalan meronta-ronta nih".

Ternyata merah merona masakan Padang karena cabe rawit merah yang besar, pedasnya gak segalak cabe rawit merah atau hijau ala masakan sunda. Awalnya perut panas, lama-lama biasa juga apalagi kita makannya pakai kangkung rebus jadinya yummmmmy banget.

"Pangek Padeh Tuna.jpeg"
Itu sebabnya mama selalu bilang ini makanan enak yang sehat karena tanpa santan. Kuahnya  kental dari cabe giling dan rempah-rempah. Isinya bisa ikan tongkol, ikan tuna, daging hingga Pangek Padeh Gajeboh alias lemak sapi.

Khusus untuk cabe giling, mama milih sendiri cabenya di pasar minta dicuci baru deh digiling. Makanya rasa cabe giling mama beda karena fresh dan untuk rasa asemnya kalau pohon belimbing di halaman rumah lagi berbuah, mama memilih pakai ini ketimbang asam kandis.

Daun ruku-ruku mirip dengan daun kemangi, selalu mama tambahkan di masakan pange padeh. Bedanya dengan kemangi, batang dan daun ruku-ruku berbulu, biasanya memang orang Padang yang paling sering pakai daun ini. 

"Tanaman Ruku-Ruku mama.jpeg"
Nah foto ini tanaman ruku-ruku mama, yang tumbuh subur walaupun hanya ditanam pakai pot. Yang paling penting lagi mama juga gak pernah pakai penyedap dan gula, hanya garam itu juga  secukupnya saja. Tapi ya endeees banget rasanya.

"Pangek Padeh Tuna.jpeg"
Resep Pangek Padeh ala mama Suharti
Bahan-bahan:

  • - Ikan Tuna 1/2 kg (diberi perasaan jeruk nipis).
  • - Serai 4 batang ikat simpul dan digeprek.
  • - Asam kandis padang (kata mama mertua bilang aja begini kalau beli) 4-5 buah, Atau belimbing wuluh 10-15 buah, belah 2.
  • - Garam secukupnya
  • - Daun ruku-ruku.
  • - Cabe giling 1/2 kilo
Bumbu ulek: 
  • - Bawang putih 8 buah 
  • - Bawang merah 15 buah
  • - Jahe 2 ruas

Cara membuatnya: 

  • - Rebus cabe giling, bumbu yang diulek, batang serai dengan air sebanyak 3-4 gelas.
  • - Kalau sudah mendidih masukan ikan tuna biarkan sampai mendidih lagi. 
  • - Garam secukupnya.
  • - Terakhir masukkan daun ruku-ruku, belimbing sayur atau asam kandis (asam kandis harus terakhir biar kuahnya gak berwarna hitam).
"Pangek Padeh Tuna.jpeg"
Seperti yang gw bilang di atas, kita makan lauk ini pakai nasi dengan tambahan sayur kangkung, pokcoy atau labu siam yang kecil-kecil. Semua sayur direbus ya, cara makannya sayur cukup disiram dengan kuah pangek.
"Pangek Padeh Tuna.jpeg"
Saat ini perut gw sama Nayla sudah bisa menerima masakan ini, enak dan seger banget. Cuma gak bisa tiap hari, jadi kalau pesan lauk ini gak banyak karena yang bisa makan seminggu 3 kali dengan lauk ini ya cuma suami.

Nayla dan emaknya bosenan, kecuali pasta sepertinya bisa tiap hari ha...ha...Kuah pangek padeh juga enak banget kalo dicampur ke dalam kuah mie instan, hmm... jadi pingin bikin mie deh😁. Makasih buat yang sudah mampir di blog ini ya.

2 komentar:

  1. Aku baca ini sambil nelen ludah 🀀🀀. Mama suka bikin. Dan udah lama ih ga denger daun ruku2 😍😍😍. Dulu memang sering dipake mama utk beberapa masakan Sumatera. Dan di rumah sampai ditanam pohonnya.

    Aku sempet ga suka asam padeh mba. Tp itu krn pakai ikan kembung. Sementara aku ga doyan ikan itu. Tp pas diganti jd daging, aku sukaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah beda kan ya kalau pakai daging. Cobain kalo pk Tuna mba, lembut dan minus tulang😁

      Hapus