Senin, 08 Juli 2019

Resep Ikan Bandeng Tumis Santan

Hi Mom...

Pernah gak pingin makan enak agak pedes dikit tapi males masak, saya sering tuh, sering banget malah๐Ÿ˜๐Ÿ˜, apalagi kalau bahan yang mau dimasak minimalis, ide masak jadi mentok.

Kebetulan suami iseng beli bandeng pas lagi wawancara di Deperindag, bandeng segar tanpa duri (sayang lupa di foto), tapi cuma beli satu, dan sudah berminggu minggu gak dimasak.

Akhirnya setelah persediaan bahan masakan kosong, kepingin juga masak si bandeng, saya belanja di toko yang ada di bawah apartemen kami, saya tambahin ikan kembung tiga ekor, tapi begitu sudah sampai di rumah, males keluar lagi buat beli kemangi sama batang sereh.

Masak simple dan dengan bahan yang ada saja deh, 15-20 menit pasti kelar. Rencananya saya tumis saja dengan tambahan santan kental.

Bahan bahan:

- I ekor ikan bandeng potong jadi 4 bagian, ikan kembung 3 ekor @potong jadi 2 bagian.

Bumbu Tumis:

- Cabe rawit merah, bawang merah, bawang putih, masing masing 8 buah, iris tipis, tambahkan 8 buah cabe rawit merah utuh, daun jeruk 3 lembar, tumis sampai harum.

Tambahkan air 3 gelas,  2 buah terong yang dipotong kecil kecil, setelah terong setengah matang, masukkan ikan, beri santan (santan instan yang kecil 2 buah), garam dan gula secukupnya (1-11/2 sendok). 

Setelah mendidih tambahkan tahu putih belah dua, daun bawang dan bawang goreng. Waktu itu saya makannya pakai kerupuk kulit yaaaaamm...
Yuuk dicoba mom, biarpun cuma pakai bumbu minimalis plus cinta pasti enak๐Ÿ’™๐Ÿ’š๐Ÿ’›๐Ÿ’œ

8 komentar:

  1. Sepertinya enak, jadi semacam sayur lodeh ya? Kalau masakan sumatra gini nih ikannya ga di goreng. Tapi kalau suamiku maunya digoreng dulu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. lodeh ala ala ya hi...hi..., aku kalo pake ikan selar, biasanya aku goreng dulu sampai garing. kali ini beneran lagi males jadi di cemplung cemplung aja deh

      Hapus
  2. Saya lihat kuahnya ,begitu menggugah selera. Wah jadi lapar nih. Saya baru tahu jika bandeng bisa ditumis ,biasanya mah hanya digoreng.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya biasanya saya goreng kalau beli bandeng presto, tapi ini suami beli yg segar bingung mau diapain, jadinya begini deh hi...hi...

      Hapus
  3. wah belum pernah masak ditumis apalagi pakai santan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cobain mba tira, daging ikannya jadi lebih empuk

      Hapus
  4. Baru tau bisa masak pindang disantan gini. Kapan-kapan mau coba ah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip, selamat mencoba mba ipeh, bumbu minimalis gak pake ngulek gak pake cape๐Ÿ˜€

      Hapus