Senin, 24 April 2023

Resep Nasi Daun Jeruk

Hi Mom...

Selamat merayakan lebaran ya. Makanan lebaran sudah identik dengan santan menyantan, tepung dan yang manis-manis, rasanya susah berpaling karena kemanapun kita berkunjung makanan seperti ini yang dihidangkan.

Makanya pas lebaran kedua tetiba kepingin banget bikin nasi daun jeruk. Tapi gak pingin pakai santan, MSG sama kaldu-kalduan alias bumbu penyedap, sayangnya bumbu-bumbu menipis karena seminggu terakhir puasa nyaris gak masak karena mencoba  menghabiskan lauk-pauk yang masih berlimpah di kulkas.
"Nasi Daun Jeruk.jpeg"
Untung masih ada beberapa butir bawang merah dan bawang putih, garam himalaya dan butter. Kalau daun jeruk kebetulan gw punya pohonnya di teras balkon, jadi bisa tinggal petik sepuasnya.
"Daun Jeruk Purut.jpeg"
Untuk resep ini kebetulan gw pakai beras basmati di campur beras jepang. Karena pingin hidup sehat bertahun-tahun nyoba makan beras merah atau coklat yang di campur beras pulen, tetap aja gak disukai pop sama nayla.

Akhirnya setahun terakhir nyoba pakai beras basmati, cuma karena beras ini pera banget alias gak pulen gw campur dengan beras jepang biar agak lengket. Dengan pertimbangan dua-duanya bagus untuk diet karena rendah kalori, rendah gula dan karbohidrat. 

Selain kedua beras ini gw juga sedia beras porang, yang gw pakai pas lagi mager buat masak atau pas nasi basmati lagi habis di magic com. Kapan-kapan gw tulis deh di blog karena beras ini benar-benar rendaaaaah banget kalorinya, sayang beras dari umbi porang ini masih mihil banget.

Balik lagi ke nasi daun jeruk yang mau gw bikin percaya deh dengan bumbu minimalis kek gini, selain enak bikin ruangan dapur harum banget.

Cara memasak Beras Basmati dan Beras Jepang
(porsi sekali makan untuk 3 orang):

- Beras Basmati 1 cup, Beras Jepang 2/3 cup (lebih dari setengah deh).
- Cuci bersih, dan beri air seperti masak nasi biasa (kalau mau agak lembut airnya banyakin dikit).
- Diamkan selama 1/2 jam, ini tips dari adek ipar yang biasa bikin nasi kebuli. Biar nasinya mekar sempurna, bunga mawar kali ah wkwkwkwkw.
- Setelah matang buka magic com aduk memutar  biar nasi lebih empuk, tutup lagi. Biarkan selama 10-15 menit terus aduk lagi, nasi  bakalan jadi lebih fluffy.

Resep Nasi Daun Jeruk 
(porsi sekali makan untuk 3 orang):

- Setelah di cuci bersih beras Basmati dan beras Jepang, beri air sesuai takaran diamkan selama 1/2 jam.
- Bawang merah 3 buah, bawang putih 2 buah di ulek halus.
- Daun jeruk 15 buah, buang batangnya. 10 buah di iris halus, sisanya dimasukan utuh biar lebih harum.
- Garam Himalaya (bisa garam biasa) 1/4 sendok makan.
- Butter dua potong  atau mentega 1 sendok.

Cara Membuat:
- Campurkan ulekan bawang, garam, semua daun jeruk ke dalam beras yang sudah diberi air dan didiamkan 1/2 jam. Aduk rata dan masak di magic com.
- Setelah matang masukkan butter atau mentega aduk rata, tutup lagi biarkan sampai 10-15 menit. Kemudian aduk rata lagi, nasi daun jeruk matang dengan sempurna.
"Nasi Daun Jeruk 2.jpeg"
Menurut gw nasi begini aja pakai telur dadar udah enak banget, cuma kemarin punya daging yosinoya beku buat toppingnya.
"Nasi kumplit ala-ala.jpeg"
Silahkan lihat videonya di sini Nasi Daun Jeruk.

Selamat mencoba ya, makasih buat yang sudah mampir. Jangan lupa tetap jaga protokol kesehatan bye....

2 komentar:

  1. Wah ternyata bisa juga bikin nasi jeruk simple gini yaaaa. Aku selalunya pesen yg pake santan. Jadi pengen bikin Mbaaa. Aku pun suka banget nasi jeruk . Tapi sayang daun jeruk ya hrs beli dulu sih, ga punya tanamannya kayak mba 😄.kebayang ini dapur pasti wangi Ama aromanya yaaa 😍😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergoda pingin pk santan, tapi tumpukan nastar masih ada di meja belum lagi lauk-lauk kayak rendang juga masih ada akhirnya nyoba bikin yang minimalis. Kalau gak punya daun jeruk, beli daun jeruk pas terniat mau bikin biar gak kering daunnya. Bikin nasi liwet tanpa santan juga enak mba yang penting daun jeruk, salam, lengkuas sama serehnya banyak. Makasih sudah mampir di sini ya mba Fan

      Hapus