Senin, 26 Oktober 2015

Resep Tumis Genjer ala Oma Nayla

Pertama kali makan Genjer itu, pas gw SMA dan diajak makan siang di rumah temen gw.

Secara gw ini pemakan segala, ketika disodorin Genjer (yang waktu itu gak tau namanya), ya gw makan karena penampilannya mirip tumis kangkung.

Dan ternyata enaaaak banget dan pueeedeees, langsung deh jatuh cinta, duileeee.

Dan ternyatanya lagi, mami, nyokap alias omanya Nayla juga jago masak ini. Cuma sayang Genjer ini gak pernah dibawa sm abang-abang sayur yang lewat di rumah.

Jadi kalau lagi pingin makan tumis genjer pedas buatan mami di rumah, gw biasanya bilang jauh-jauh hari. Jadi pas kita nginep di mami, Si genjer sudah nangkring di meja makan.

Yang makan pastinya cuma gw sm Nayla, pop gak doyan padahal gak pernah nyobain lo. Kalau si Nayla ini memang copycat eke, dia selalu ngikutin apa aja yg gw makan, jadilah Nayla doyan juga sama si Genjer.

Sudah setahun ini, gw mahir masak si genjer (menurut gw ya hi...hi...) soalnya enak plus pedes juga, persis buatan mami.

Tips dari mami, genjer setelah dipetik daun, bunga dan batangnya yang lembut, masukin ke air mendidih yang sudah diberi garam, kurang lebih 5 menit.

Tujuannya untuk menghilangkan lendir si genjer ini, habis itu tiriskan dan siap diolah. Tumis bumbu ulek (cabe, bawang merah, bawang putih plus tomat kalau suka), kalau sudah harum masukkan genjer, tambahkan garam dan gula secukupnya.
Tumis Genjer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar