Rabu, 14 Oktober 2020

Resep Cumi Asin Cabe ijo

Hi Mom...

Cumi asin belakangan ini jadi favorit di rumah kita. Nayla yang tadinya gak terlalu suka (hanya gw dan Doddy biasanya yang ngabisin), sekarang malah ketagihan.

Kalau gw sih suka banget sam cumi asin cabe ijo buatan mami. Bahkan dulu ketika masih kerja dan ngekos dekat kantor, kalau pulang ke rumah pasti minta bekelin cumi asin cabe ijo segambreng.

Akhirnya coba coba masak sendiri, malah akhirnya setelah otak atik ketemu racikan bumbu yang pas plus cara bikin cuminya empuk dan gemuk ginuk ginuk gitu.

Sudah rahasia umum cumi diasinin tanpa dibersihkan lebih dahulu. Makanya pas masak cumi asin ini, gw gak mau diganggu gugat sama kerjaan lain lebay banget ya hi...hi...

Akhirnya Nayla tahu, ketika dia bantuin bikin masakan ini dari awal. Saat itu dia gw kasih kerjaan gampil, potong potong tempe ukuran bentuk dadu, terus dia goreng sampai garing.
Tempe goreng bentuk dadu bikinan Nayla
Sementara gw keluarin tuh satu per satu pedang (istilah gw dari kecil) dari dalam perut cumi sekalian buang mata dan tengah kepala yang ada di sungut cumi.

"Pantes mama gak mau diganggu kalau mau masak cumi asin ya," katanya pas ngeliat maknya bersihin cumi sambil ngedeprok depan tv.

Eh tapi bersihin cuminya gak cuma sampai disitu, ada proses selanjutnya yaitu dibersihin di air yang mengalir sampai kulitnya putih. Isi perutnya juga gw keluarin, percaya gak tanpa itu semua cumi ini masih asin banget.

Habis itu gw masukin cumi cumi ini ke dalam air mendidih selama 5 menit, lalu ditiriskan. Simsalabim taraaaaa cumi cuminya jadi empuk dan montoq.
Cumi asin montog, manggil2 minta dimakan
Resep Cumi Cabe Ijo Pedas
Bahan bahan:
- 1 kg cumi asin, bersihkan.
- 2 papan tempe, potong dadu goreng garing.

Bumbu Tumis:
- 2 buah bawang bombay, iris memanjang.
- 10 bawang merah, dirajang.
- 8 bawang putih dirajang.
- Cabe hijau 15 buah, cabe rawit merah 15 buah diiris serong.
- 1 ruas lengkuas, digeprek.
- 1 ruas jahe, digeprek.
- 10 buah batang seteng, sebagian diiris kecil kecil ujungnya yang lunak, sisanya di geprek.
- 6 buah daun jeruk, buang batangnya terus diiris halus.
- 4 buah daun bawang, diiris halus.
- Kecap manis, garam dan gula secukupnya.
Bumbu2 cumi cabe ijo
ini yang bikin pedas
Cara Membuatnya:
- Tumis bawang bombay sampai layu, masukan bawang putih, irisan sereh, jahe, lengkuas tumis sampai bumbu harum.
- Tambahkan cabe ijo, rawit merah, daun jeruk dan batang sereh yang di geprek.
- Setelah cabe setengah layu baru masukkan cumi, tumis sampai terlumuri sama semua bumbu.
- Terakhir masukkan tempe, daun bawang dan bawang merah. Kenapa bawang merah terakhir, biar manisnya bawang merah masih terasa.
- Tambahkan kecap manis kalau suka (gw sih syuuuka) kasih garam sedikit (ingat ya cumi masih asin) dan gula sedikit biar rasanya seimbang.

Makan ini biasanya pakai labu kecil kecil yang direbus sama kerupuk putih, nyaaaaam. Makasih ya sudah mampir di sini jaga kesehatan tapi jangan lupa untuk bahagia.

2 komentar:

  1. Aaah ini masakan favoritku jugaaaa :D. Cumi cabe ijo, cumi balado ato cumi masak hitam :D. suka semuaaa

    Dan bersyukur asistenku yg baru ini bisa ngolah cumi dengan enak. Jd makin doyan mba. Kalo suami LBH suka yg masak hitam. Aku suka juga siiih, yg ptg pedes dan ga amis

    BalasHapus
    Balasan
    1. satu selera kita ya mba. aku juga suka banget kalo gak amis dan harus puedeees

      Hapus