Senin, 21 Januari 2019

Resep Ikan Sepat dan Terong Balado

Hi Mom
Sejak sudah bisa masak ikan sepat balado, saya ketagihan bikinnya. Setelah sebelumnya saya kombinasikan dengan kentang, kali ini dengan terong hijau, yang menurut saya lebih manis rasanya.

Ikan sepatnya saya pakai yang kecil-kecil saja, lebih enak lebih kriuk-kriuk. Baca (Ikan Asin Balado Mami Eke)
Nyaaaaaam

Resep Ikan Asin Terong Hijau

Ikan sepat asin yang kecil-kecil kira kira 1/4 kg, sesuai selera, cuci bersih terus direndam pakai air panas selama sejam, baru digoreng sampai garing.
Terong hijau 7 buah, belah dua.
Belimbing sayur 10-15 buah, belah dua.
Daun jeruk 3 buah.
Air asem jawa.
Gula merah, setengah butir, serut. 
Garam secukupnya.
Sambal Balado:
Cabe merah tiga genggam besar (15 buah)
Cabe rawit merah (7 buah)
Bawang merah 7 buah
bawang putih 5 buah
Tomat 2 buah
Semua direbus (optional), ulek kasar
Cara memasaknya:
Tumis ulekan sambel balado sampai harum, baru tambahkan 7 buah bawang merah yang sudah diiris (saya suka di tumisan ada irisan bawang merah seperti ini), baru kemudian masukan, irisan belimbing sayur, daun jeruk, tumis lagi sampai harum.
Tambahkan air asem jawa, serutan gula merah dan garam secukupnya (karena pakai ikan asin).
kemudian masukkan kentang dan ikan  sepat asin, aduk rata.
Tuh kan gampang kan, dijamin makannya nambah nambah mom.

2 komentar:

  1. Gambarnya bikin laper tengah malem gini, apalagi saya suka makanan yang pedes gitu. harus dicoba nih resepnya pas libur nanti...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi..hi... Hayuuk dibikin pas libur nanti, makasih sudah mampir

      Hapus