Rabu, 04 Juli 2018

Bumbu Pecel, Favorit Eke' Banget deh

Buat gw pecel itu saladnya Indonesia. Gw bisa cuma makan pecel seharian, bisa pakai nasi atau lontong, atau cuma pecel sama tahu goreng.

Sayangnya sekarang  bude pecel yang jualannya selalu pakai tampah di kepalanya, gak pernah lewat lagi. 

Padahal pecel bude ini selain bumbunya enak karena dia ngulek sendiri bumbu kacangnya, sayurannya kumplit ada daun pepaya dan pare, kadang kalau gw beruntung ada daun kenikir.

Belum lagi dia bawa gorengan, seperti tahu isi, bakwan sm tempe goreng. Buat pelengkap pecel selain lontong, bihun atau mie basah goreng....yaaam....

Daripada ngeces gak jelas, begitu ketemu daun labu, gw niatin bikin pecel. Merebus daun ini, harus agak lama ternyata, dimasukkan ke air mendidih, perlu waktu 7 menit. 

Sedangkan untuk bumbunya, pakai bumbu jadi pastinya, manalah kuat gw ngulek kacang sampai jadi pasta begitu:).

Tapi biar rasa bumbunya lebih enak dan melekoh, gw tambahin bawang putih, cabe rawit sm kencur. Almarhum bapak yang ngajarin, karena ini menu wajib kalau hari sabtu atau minggu.

Dulu kita menata si pecel ini pakai tampah yang di lapisi daun. Bukan karena meniru si bude pecel, tapi anak ortu gw 6 orang bow, gak muat kalau di tata di piring hi...hi...

Makanya kalau ada yang ngasih oleh-oleh bumbu pecel, gw sama Nayla pasti teriak girang deh. Di rumah cuma kita berdua pemakan pecel hi..hi...

Selain beli di supermarket, gw pernah dioleh-olehin bumbu pecel dari Batu, Malang (belinya di toko Brawijaya), bumbu pecel dari Nganjuk plus krupuk Puli padanan kalau lagi makan pecel disana, dan terakhir dapat bumbu pecel dari Kediri, 

Wuaaaaaahh disayang-sayang deh bumbu-bumbu pecel ini, semuanya enak-enak.
Ini bumbu pecel dari Batu Malang
belakang, daun Kenikir, depan daun Labu

ini bumbu pecel Nganjuk
Bumbu pecel dari Kediri
ini hasil olahan bumbu pecel Kediri
Ketika mencoba bumbu pecel kediri, gw coba coba beli kecipir, biasanya cuma diliatin aja gak pernah beli. Kata babangnya enak, dia biasa bikin tumisan pakai kecipir, tapi kalo mau dibuat pecel, direbus dulu.

Gw langsung jatuh cinta sama si kecipir, biarpun sudah di rebus dia tetap kriuk, dan enaaaak banget pas dicocol bumbu pecel, pedes, kriuk kriuk, aaah jadi pingin makan pecel😁.

2 komentar:

  1. Dulu mamaku juga ngulek sendiri mba. Tp aku pun menyerah kalo hrs ngulek. Jd pasti beli jadi. Yg senengnya abang iparku orang nganjuk. Jadi kalo dia mudik, kita slalu titip sambel pecel nganjuk yg puedeees banget. Dan beneran nampol itu. Aku sukaaaak. So far itu bumbu pecel fav ku sih

    BalasHapus
  2. ternyata orang nganjuk itu memang suka pedes pedes, temenku yang ngasih bumbu pecel memang orang nganjuk yang sukanya sambel pedes nampol gt

    BalasHapus