Selasa, 03 Juli 2018

Resep Semur Daging Rempah Cinta

Makan pakai bumbu kecap paling dihindari sama suami gw, maklum asli urang awak, tapi kalau lagi pesan nasi goreng abangnya lupa tetep ngasih kecap di nasinya, apa boleh buat, tetep dimakan nasgornya.

Jadi sebetulnya gak anti banget, makanya kalau saya mau masak semur daging, dia oke oke saja, asal jangan banyak kuah sama kecapnya. 

Dan untungnya ketika saya bikin semur daging sapi, mau yang dikasih kuah kental atau cuma nyemek nyemek aja, dia sama Nayla anak saya, suka banget.  

Bahkan pernah saya masak seminggu sampai dua kali hi...hi..., biasanya sih karena saya males repot repot, paduannya dengan labu kecil kecil direbus atau dikukus sambil barengan masak nasi plus kerupuk putih, yaaaaam.

Resep Semur Daging Rempah Cinta
 
Bahan bahan:
Daging sapi setengah kilo yg ada lemaknya lebih maknyuuuus.
Basang bombay 1 buah
Bawang putih 5 siung diulek dengan 5 buah kemiri
Cabe rawit merah  dan cabe kriting sesukanya
Daun Bawang
Daun jeruk 
Kembang lawang 4 buah
Pala 1 buah
Kecap manis
Air asem jawa setengah gelas
Garam dan lada secukupnya
Butter (optional)

Cara membuat:
Daging digoreng setengah matang sampai lemaknya lembut, potong sesuai selera, beri air secukupnya, rebus sampai lunak.
Tumis bawang bombay, tambahkan cabe rawit merah utuh, irisan cabe keriting, ulekan bawang putih dan kemiri, setelah harum masukan dalam rebusan daging. 
Tambahkan daun jeruk, kembang lawang, pala diparut dengan parutan keju (kalau punya yang bubuk juga bisa).
Tambahkan air asem jawa, garam, lada dan kecap.
Setelah air kuah menyusut tambahkan butter bila suka. 
NB: Kembang lawang, pala dan butter bisa di skip kalau gak suka.
ini semur  daging pakai kentang dengan bumbu kumpplit dan kuah dikit
semur dengan bumbu minimalis dan kuah nyemek nyemek

Tidak ada komentar:

Posting Komentar