Rabu, 04 Juli 2018

Resep Ayam Gentong Modifikasi

Ketika jalan-jalan ke Cirebon gw sempat ikutan beli bumbu empal gentong. Belinya hanya satu, karena memang gak terlalu suka dengan bumbu yang sudah jadi.

Sempat satu bulan bumbu ini dianggurin di kulkas, sampai akhirnya ketika mati gaya, gak tau mau masak apa, di kulkas hanya ada ayam dan bumbu empal gentong.



Gak pingin bumbu  hanya dicemplungin begitu saja, gw tumis bawang merah, bawang putih, sereh, cabe rawit merah, dan daun jeruk. 

Setelah harum masukkan bumbu empal gentong asli Cirebon itu dan ayam, nah ayamnya gw goreng sebentar bolak balik sama si bumbu.

Ketika ayam sudah berwana kecoklatan, dikasih air satu setengah gelas, masak sampai ayam empuk, baru deh gw tambahin santan.

Sebagai pecinta daun bawang, ayam matang, gw tambahin irisan daun bawang dan taburan bawang goreng. Dan rasanya si ayam gentong enaaaaaak banget, seperti bumbu yang gw ulek sendiri. Kapan kapan kepingin nyetok bumbu ini lagi deh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar