Rabu, 04 Juli 2018

Resep Cream Soup ala Mom Nayla

Hi Mom....
Jadi pingin bikin cream soup gara gara lihat di tv ada anak kecil doyan bener makan nasi pakai cream soup. Padahal biasanya gw makan itu tanpa nasi hanya sebagai camilan.

Gw gugling resep akhirnya ketemu resep yang simple yang pastinya bakalan gw modifikasi.

Resep Cream Soup

Bahan-bahan:
Ayam 8-9 potong (1/2 ekor lebih) direbus, airnya dijadikan kaldu, dagingnya disuwir suwir.
Susu segar putih dua gelas.
Keju cheddar dan keju quick melt atau tambahkan keju oles 1 bungkus merk Prochiz (bisa merk lain), kenapa keju oles? kuahnya menurut gw jadi lebih creamy.
Mentega 4 sendok.
Tepung terigu 4 sendok.
4 siung bawang putih dan 2 buah bawang bombay
Jamur portobello (bisa jamur bulat yang lain) potong jadi 4 bagian.
Jagung manis 2 buah, disisir bijinya.
Wortel 1-2 buah potong dadu kecil.
Brokoli 
Garam, gula, dan lada secukupnya

Cara membuat:
Tumis bawang putih dengan mentega sampai harum, kemudian 1 buah bawang bombay yang di cacah. 
Setelah bawang bombay layu tambahkan tepung terigu, setelah tercampur rata masukkan susu dua gelas dan kaldu ayam.  Aduk sampai rata, baru masukkan keju parut.
Tambahkan jagung manis dan wortel, masak sampai matang, atau bisa rebus dahulu jagung dan wortelnya.
Tambahkan jamur, ayam, garam, gula dan lada.
Terakhir masukkan brokoli yang sudah direbus sebentar di air garam (untuk mengeluarkan ulet ulet di daunnya)

Sebagai pelengkap, kalau gak mau pakai nasi, bisa pakai roti bakar.
Biasanya sih Nayla kalau mau bawa ke sekolah buat bekal, dia pakai roti bakar seperti yang di foto. Jadi di sekolah dia bisa celup celup rotinya di cream soup (gw bawain lebih biasanya temennya ikutan minta roti dan celup rotinya di sup).

Kalau di rumah dia makan pakai nasi dan bisa bolak balik nambah cream soupnya saja.

Sedangkan pop bawa buat bekal di kantor tentunya pakai nasi dong ya😁 dan kalau si cream soup habis dihangatkan di dapur kantor, bau wanginya kemana mana.

Isi cream soup ala gw ini bisa dibikin buat isian Zuppa soup, cobain deh. Gw beli pastry instan aja merek Bonchef (hanya ini yang ada di toko kue dekat rumah), bentuknya praktis sudah dalam bentuk kotak kotak pastry siap pakai.

Sebelum diletakkan di atas mangkuk aluminium foil atau mangkuk kaca berisi cream soup, oleskan dulu pinggiran aluminum foil atau mangkuk dengan putih telur sedangkan bagian atas pastry di oleh dengan kuning telur,

Untuk temperatur oven disesuaikan dengan oven masing, kebetulan oven gw ukuran sedang merk Kirrin ini cocoknya di temperatur 160 derajat Celcius selama 15-20 menit.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar