Sabtu, 09 Desember 2017

Resep si Manis Ikan Belanak Balado

Hi Mom...

Sudah lama ibu penjual ikan langganan di pasar Rawamangun membujuk kita untuk mencoba ikan belanak. Tampilannya si ikan sih enggak banget deh hi...hi...

tapi si ibu ini gak bosen bosen nawarin ikan ini, katanya ikan ini enak banget tulangnya nyaris gak ada dagingnya juga manis, gak bakalan bosen deh. Akhirnya suami gw kepincut, dibelilah si belanak.

Eh ternyata enak banget lo, beneran. Gw masak balado ala gw, dan kebetulan lagi punya belimbing sayur metik dari pohon belimbing mama mertua.
Ikan Belanak mentah
Resep bumbu balado 
Cuci bersih ikan Belanak, diberi perasan jeruk nipis baru digoreng sampai garing.
Daun jeruk 3 buah
Air asem jawa 
Belimbing sayur
Gula merah, setengah butir, serut.
Terasi bakar 2 buah 
Garam secukupnya
Jeruk nipis atai lemon 2 buah

Sambal Balado:
Cabe merah tiga genggam besar Kurleb 20 buah
Cabe rawit merah kurleb 15 buah
Bawang merah 15 buah
bawang putih 10 buah
Tomat 2 buah
Semua direbus (optional), ulek kasar

Cara memasaknya:
Tumis ulekan sambal balado, daun jeruk sampai harum.
Tambahkan air asem jawa, irisan belimbing sayur, serutan gula merah dan garam secukupnya.
kemudian masukkan ikan Belanak goreng, aduk rata.
 
Resep ini sebelumnya gw pakai di resep ikan asin juga, silahkan lihat di  resep gw sebelumnya Resep ikan asin balado mami eke, bedanya untuk si manis Belanak ini, bumbu baladonya memang gw tambahin belimbing sayur. 

Sampai nambah-nambah kita makannya, karena selain bumbu baladonya enak ehemmmm.... ikannya juga enak, sayangnya ikan ini tidak setiap hari ada, makanya kalau lagi ada kita borong deh, cuci bersih simpan di freezer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar