Selasa, 25 Desember 2018

Ketagihan Lalampa

Hi Mom...
Pernah dengar nama lalampa?, seperti nama kerajaan antah berantah ya, tapi percaya deh ini nama makanan asal Manado yang mirip sama lemper, karena terbuat dari beras ketan, dibungkus daun pisang dan dibakar sebentar setelah dikukus biar tambah harum

Bedanya kalau lemper isi daging ayam atau abon manis, lalampa isinya daging ikan cakalang.

Perkenalan pertama saya dengan si lalampa ini secara gak sengaja. Tahun lalu ketika mau berangkat yoga pagi pagi, saya beli makanan ini karena penjualnya bilang lalampa ini enak, isi ikan cakalang pedas dan mirip lemper.

Saya makan satu pas naik ojek online yang mengantar saya ke tempat yoga. Pas dibuka langsung tercium bau harum, pedas dan wangi dari daun pisang, kemudian  terlihat ketan beras hitam, wooooow saya kan suka juga, begitu saya gigit lebih woooow lagi, enaaaaaak banget.
Beras ketan hitamnya gurih, isinya ada ikan cakalang pedas, soun dan seperti ada sayuran sedikit, ah pokoknya mulut saya gak berhenti menghabiskan satu buah lalampa, dan cukup mengganjal perut, kalau kekenyangan malah gak bisa yoga.
Suatu saat saya beliin lalampa untuk Nayla ternyata dia juga suka, apalagi dia juga doyan pedas. Sejak saat itu si lalampa ini jadi cemilan favorit kami, untungnya yang jual dekat dengan rumah kita, bahagia dong. 

2 komentar:

  1. issshhhh pengeeen. aku ga tau deh apa di resto manado favoritku ada jual ini ato ga. hrsnya ada sih, lah masakan kelelawar khas manado aja dijual. aku mah kalo rasanya gurih2 gini, apalagi ada pedesnya suka banget mba. bbrp kali dikasih tau ttg lalampa tp memang blm prnh cobain. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. harusnya ada ya, ini enak banget mba fanny, makanya kalau yang deket rumah lagi jual, aku pasti beli

      Hapus