Selasa, 09 Juli 2019

Resep Spaghetty Aglio E Olio

Hi Mom...

Nayla langsung jatuh cinta dengan spaghetty Aglio E Olionya tante Ega, pas kita buka puasa di rumahnya. Sampai nambah dua kali karena dia belum pernah makan spaghetty model kek gitu.

Sampai rumah dia bilang dan merengek terus minta buatin Spaghetti Aglio e Olio ala tante ega, akhirnya setelah waktunya ada, saya sempatin buat Aglio E Olio, kebetulan resepnya simple.

Tapi Nayla pingin dibuatinnya tu mirip banget, bahkan dia menolak pakai jamur, karena buatan tante ega gak pakai jamur, baiklaah nak 😁.

Tapi smoke beef mendadak eke ganti sama beef komagire, sirloin premiumnya Australi, soalnya pas lihat di AEON segar banget dan gak beku, sampai rumah  diiris kecil kecil, goreng sampai kecoklatan.

Bumbunya simple deh, untuk 500gr Spaghetti, cuma butuh 10 buah cabe rawit merah sama 10 buah bawang putih (boleh lebih sesuai selera) tumis sampai harum dengan olive oil (kebetulan masih ada), kemudian campur dengan daging, selanjutnya masukin deh spaghetti yg sudah di rebus dengan air yg diberi garam secukupnya.

Terakhir sambil diaduk rata, taburin oregano kering, (kalau punya yg segar lebih enak lagi).
Bahkan saya pernah bikin pakai sisa ayam panggang, saya suwir suwir, dan gak pakai olive oil, pakai minyak sayur biasa, oregano dan cabe rawit merahnya banyaaak (Indonesia banget kan apa apa pakai cabe), rasanya? tetep enaaaaak banget plus pedas, karena secara harafiah Aglio E Olio, bawang putih dan minyak kan...πŸ’™.

Senin, 08 Juli 2019

Resep Ikan Bandeng Tumis Santan

Hi Mom...

Pernah gak pingin makan enak agak pedes dikit tapi males masak, saya sering tuh, sering banget malah😁😁, apalagi kalau bahan yang mau dimasak minimalis, ide masak jadi mentok.

Kebetulan suami iseng beli bandeng pas lagi wawancara di Deperindag, bandeng segar tanpa duri (sayang lupa di foto), tapi cuma beli satu, dan sudah berminggu minggu gak dimasak.

Akhirnya setelah persediaan bahan masakan kosong, kepingin juga masak si bandeng, saya belanja di toko yang ada di bawah apartemen kami, saya tambahin ikan kembung tiga ekor, tapi begitu sudah sampai di rumah, males keluar lagi buat beli kemangi sama batang sereh.

Masak simple dan dengan bahan yang ada saja deh, 15-20 menit pasti kelar. Rencananya saya tumis saja dengan tambahan santan kental.

Bahan bahan:

- I ekor ikan bandeng potong jadi 4 bagian, ikan kembung 3 ekor @potong jadi 2 bagian.

Bumbu Tumis:

- Cabe rawit merah, bawang merah, bawang putih, masing masing 8 buah, iris tipis, tambahkan 8 buah cabe rawit merah utuh, daun jeruk 3 lembar, tumis sampai harum.

Tambahkan air 3 gelas,  2 buah terong yang dipotong kecil kecil, setelah terong setengah matang, masukkan ikan, beri santan (santan instan yang kecil 2 buah), garam dan gula secukupnya (1-11/2 sendok). 

Setelah mendidih tambahkan tahu putih belah dua, daun bawang dan bawang goreng. Waktu itu saya makannya pakai kerupuk kulit yaaaaamm...
Yuuk dicoba mom, biarpun cuma pakai bumbu minimalis plus cinta pasti enakπŸ’™πŸ’šπŸ’›πŸ’œ