Jumat, 21 Juni 2013

Resep Bala2 Mie Buncis

Sore2 laper, di kulkas cuma ada buncis sm mie instan. bikin gorengan enak kayaknya. Apalagi pakai irisan2 buncis pasti krenyes2 "kata Nayla".

Satu bungkus Mie instan di rebus, campur dengan bumbunya.  Bumbu instan bisa diganti dengan irisan bawang merah, bawang putih, garam gula, lada secukupnya. 

Kemudian mie diampur dengan tepung terigu (kira2 satu setengah gelas), irisan2 buncis potong serong, dan satu butir telur, semua di aduk jadi satu.

Cara masaknya juga gampang, panaskan wajan dengan api kecil, masukkan minyak. Setelah minyak cukup panas, masukkan adonan satu persatu dengan sendok.
Si bala2 mie buncis
 Makannya bisa pakai saos cabe, atau cabe rawit kecil.

Rabu, 19 Juni 2013

Resep Oma, Oseng2 Genjer Pedas

Pertama kali makan oseng2 genjer pas main di rumah teman (waktu itu masih SD, jaduul banget lah). Rasanya enaaaaaak banget.

Banyak yang gengsi makan genjer, karena waktu itu genjer dibilang makanan orang miskin. karena genjer gak harus beli cukup metik di empang. Tapi temen saya itu, rumahnya bagus, punya mobil pula he...he...

Omanya Nayla ternyata juga suka masak genjer ini di rumah. Saya selalu minta dimasakin kalau pas pulang ke rumah. kadang gak dibikinin, karena di pasar tradisional lg habis.

Oseng2 genjer pedas
Bertahun2 dibikinin sama mami, akhirnya hari ini coba2 masak sendiri. Pertama2 genjer diambil ujungnya yang bulat dengan tangkainya yang muda sepanjang 2 cm, Lalu dicuci bersih.

Selanjutnya, rendam selama 15 menit di dalam air panas yang sudah diberi garam. Setelah itu ditiriskan sambil di peras biar getah atau lendirnya hilang.

Genjer
Bumbu2nya simple banget. Bawang merah, bawang putih di rajang halus, Cabe merah panjang, sm cabe rawit di potong2 serong.

Pertama2 tumis bawang merah kalau sudah harum masukin bawang putih sm rajangan cabe. Kalau sudah layu masukkan Genjer selama 2 menit. Selanjutnya sebelum diangkat, diberi garam dan gula secukupnya.

Saya bisa makan oseng genjer ini, cukup dengan nasi hangat plus kerupuk putih, nyaaaaaaaam. Gak taunya Nayla anak saya mulai suka, tinggal pop yang belum bisa di pengaruhi:).
 

Senin, 17 Juni 2013

Resep Ikan Kembung Bakar Pedas

Resep ikan bakar ini, awalnya cuma coba2. Kebetulan omanya Nayla, lagi sakit dan gak nafsu makan.

Tapi pas tau, di kulkas ada ikan kembung, dia minta di bikinin ikan bakar. Jadilah ikan yang sebelumnya sudah di beri garam dan perasan jeruk nipis, saya beri bumbu.

bumbunya hanya bawang merah, bawang putih, jahe, sereh di kupas dan dipotong kecil2, daun jeruk di iris halus (kalau mau pedas ditambahkan cabe rawit merah). Semuanya di ulek jadi satu.

ketika bumbu sudah halus, di beri garam, gula secukupnya, rajangan daun bawang, dan potongan daun kemangi, semua diaduk rata. selanjutnya di balurkan di kedua sisi ikan.  
Bumbu siap di ulek
Panaskan panggangan, dengan api kecil dan diberi sedikit mentega. Masukkan ikan (jangan di bolak-balik) biarkan matang di satu sisi baru di balik, biar tidak hancur.
Ikan Ketika di bakar di panggangan
Ikan setelah matang
Ikan bakar ini biasanya kita makan dengan nasi hangat dan tumis sayuran.

Jumat, 14 Juni 2013

Resep Soun goreng pakai Oyong

Soun Goreng pk Oyong


Ide masak soun goreng ini dadakan banget. Apalagi lagi kehabisan buncis sm wortel, yang ada cuma oyong panjang yang seger. Tapi karena sudah lamaaa banget gak bikin lauk soun goreng, ya di buat dengan sayuran seadanya.

Oyong  itu kan kulitnya lumayan keras, tapi dalamnya lembut, makanya saya buang bagian tengahnya, yang putih kaya kapas. selanjutnya saya potong kecil2.
Oyong
Oyong di potong kecil2
Selain itu saya merendam soun ukuran sedang (1 bungkus) di air panas (tiriskan lalu di beri kecap manis, aduk rata), 3 potong ayam saya potong kecil2. Saya juga membuat telur orak arik (1 butir).

Sementara bumbu2nya terdiri dari 4 siung bawang putih di geprek trus dicincang kasar, setengah butir bawang bombay potong kecil2, daun bawang, saus teriyaki bila suka, garam, gula dan lada secukupnya. 
telur orak arik
potongan2 ayam
soun
Cara memasaknya cepat dan gampang banget, tumis bawang bombay, setelah layu masukan cincangan bawang putih. selanjutnya masukkan potongan2 ayam, masak sampai ayam matang, selanjutnya masukkan telur orak arik, dan potongan2 oyong. 

Setelah oyong cukup layu masukkan soun yang sudah diberi kecap, di aduk rata, beri tambahan saus teriyaki, garam, gula, lada secukupnya.
Nih kalau di penggorengan:)
 Sajikan dengan nasi hangat dan saos sambal bila suka.