Rabu, 19 Juni 2013

Resep Oma, Oseng2 Genjer Pedas

Pertama kali makan oseng2 genjer pas main di rumah teman (waktu itu masih SD, jaduul banget lah). Rasanya enaaaaaak banget.

Banyak yang gengsi makan genjer, karena waktu itu genjer dibilang makanan orang miskin. karena genjer gak harus beli cukup metik di empang. Tapi temen saya itu, rumahnya bagus, punya mobil pula he...he...

Omanya Nayla ternyata juga suka masak genjer ini di rumah. Saya selalu minta dimasakin kalau pas pulang ke rumah. kadang gak dibikinin, karena di pasar tradisional lg habis.

Oseng2 genjer pedas
Bertahun2 dibikinin sama mami, akhirnya hari ini coba2 masak sendiri. Pertama2 genjer diambil ujungnya yang bulat dengan tangkainya yang muda sepanjang 2 cm, Lalu dicuci bersih.

Selanjutnya, rendam selama 15 menit di dalam air panas yang sudah diberi garam. Setelah itu ditiriskan sambil di peras biar getah atau lendirnya hilang.

Genjer
Bumbu2nya simple banget. Bawang merah, bawang putih di rajang halus, Cabe merah panjang, sm cabe rawit di potong2 serong.

Pertama2 tumis bawang merah kalau sudah harum masukin bawang putih sm rajangan cabe. Kalau sudah layu masukkan Genjer selama 2 menit. Selanjutnya sebelum diangkat, diberi garam dan gula secukupnya.

Saya bisa makan oseng genjer ini, cukup dengan nasi hangat plus kerupuk putih, nyaaaaaaaam. Gak taunya Nayla anak saya mulai suka, tinggal pop yang belum bisa di pengaruhi:).
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar