Senin, 24 April 2023

Resep Nasi Daun Jeruk

Hi Mom...

Selamat merayakan lebaran ya. Makanan lebaran sudah identik dengan santan menyantan, tepung dan yang manis-manis, rasanya susah berpaling karena kemanapun kita berkunjung makanan seperti ini yang dihidangkan.

Makanya pas lebaran kedua tetiba kepingin banget bikin nasi daun jeruk. Tapi gak pingin pakai santan, MSG sama kaldu-kalduan alias bumbu penyedap, sayangnya bumbu-bumbu menipis karena seminggu terakhir puasa nyaris gak masak karena mencoba  menghabiskan lauk-pauk yang masih berlimpah di kulkas.
"Nasi Daun Jeruk.jpeg"
Untung masih ada beberapa butir bawang merah dan bawang putih, garam himalaya dan butter. Kalau daun jeruk kebetulan gw punya pohonnya di teras balkon, jadi bisa tinggal petik sepuasnya.
"Daun Jeruk Purut.jpeg"
Untuk resep ini kebetulan gw pakai beras basmati di campur beras jepang. Karena pingin hidup sehat bertahun-tahun nyoba makan beras merah atau coklat yang di campur beras pulen, tetap aja gak disukai pop sama nayla.

Akhirnya setahun terakhir nyoba pakai beras basmati, cuma karena beras ini pera banget alias gak pulen gw campur dengan beras jepang biar agak lengket. Dengan pertimbangan dua-duanya bagus untuk diet karena rendah kalori, rendah gula dan karbohidrat. 

Selain kedua beras ini gw juga sedia beras porang, yang gw pakai pas lagi mager buat masak atau pas nasi basmati lagi habis di magic com. Kapan-kapan gw tulis deh di blog karena beras ini benar-benar rendaaaaah banget kalorinya, sayang beras dari umbi porang ini masih mihil banget.

Balik lagi ke nasi daun jeruk yang mau gw bikin percaya deh dengan bumbu minimalis kek gini, selain enak bikin ruangan dapur harum banget.

Cara memasak Beras Basmati dan Beras Jepang
(porsi sekali makan untuk 3 orang):

- Beras Basmati 1 cup, Beras Jepang 2/3 cup (lebih dari setengah deh).
- Cuci bersih, dan beri air seperti masak nasi biasa (kalau mau agak lembut airnya banyakin dikit).
- Diamkan selama 1/2 jam, ini tips dari adek ipar yang biasa bikin nasi kebuli. Biar nasinya mekar sempurna, bunga mawar kali ah wkwkwkwkw.
- Setelah matang buka magic com aduk memutar  biar nasi lebih empuk, tutup lagi. Biarkan selama 10-15 menit terus aduk lagi, nasi  bakalan jadi lebih fluffy.

Resep Nasi Daun Jeruk 
(porsi sekali makan untuk 3 orang):

- Setelah di cuci bersih beras Basmati dan beras Jepang, beri air sesuai takaran diamkan selama 1/2 jam.
- Bawang merah 3 buah, bawang putih 2 buah di ulek halus.
- Daun jeruk 15 buah, buang batangnya. 10 buah di iris halus, sisanya dimasukan utuh biar lebih harum.
- Garam Himalaya (bisa garam biasa) 1/4 sendok makan.
- Butter dua potong  atau mentega 1 sendok.

Cara Membuat:
- Campurkan ulekan bawang, garam, semua daun jeruk ke dalam beras yang sudah diberi air dan didiamkan 1/2 jam. Aduk rata dan masak di magic com.
- Setelah matang masukkan butter atau mentega aduk rata, tutup lagi biarkan sampai 10-15 menit. Kemudian aduk rata lagi, nasi daun jeruk matang dengan sempurna.
"Nasi Daun Jeruk 2.jpeg"
Menurut gw nasi begini aja pakai telur dadar udah enak banget, cuma kemarin punya daging yosinoya beku buat toppingnya.
"Nasi kumplit ala-ala.jpeg"
Silahkan lihat videonya di sini Nasi Daun Jeruk.

Selamat mencoba ya, makasih buat yang sudah mampir. Jangan lupa tetap jaga protokol kesehatan bye....

Rabu, 05 April 2023

Resep Sweet Pumpkin Cake

Hi Mom...

Blog masak kayaknya jarang di update ya, padahal sih cuma karena jarang bikin masakan baru. Paling satu dua kali coba-coba resep yang belum pernah dibikin kayak waktu dikirimin labu segede gaban alias Sweet Pumpkin sama kakak pas gw dan  suami masih isoman tahun 2021 lalu. 

"Sweet Pumpkin.jpeg"
Bukan tanpa alasan kakak kirim labu ini, katanya badan cepat pulih kalau makan labu kukus. Gw coba sekali bikin sesuai saran kakak, tapi kok kayaknya berat buat ngabisin ya hi...hi...

Rasanya manis tapi yang gak manis banget, malah kentang rebus lebih hambar. Mungkin kalau makan kentang rebus lebih sering. Sempat dibikin campuran bubur Manado, sisanya masih banyak dong. Nayla minta bikinin pie, ho..ho... berat bener. 

Mending bikin cake aja kayaknya lebih simple deh, Nayla sepakat bikin cake setelah nyontek resep sweet pumpkin cake di YT yang simple. Akhirnya pesan semua bahan untuk sweet pumpkin cake lewat online.

Mendadak baru ingat kita gak punya loyang cake. Selama ini ngebaking cuma belajar bikin nastar dan teman temannya. Langsung pesan loyang juga dong, sayang  pas datang gak sesuai pesanan, yg dikirim loyang kecil diameter 18 cm. 

Resep di youtube kadang gak kumplit ngasih tips-tips cara bikinnya biar sama persis, kaya ngasih topping kismis di dalam cake. Mana gw tahu kalau sukade sama kismis ditaburi tepung dulu biar kering sebelum di campur ke adonan ya kan.

Akibatnya si kismis lebih banyak berkerumun di bawah πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ maklum pemula😎. Apalagi waktu ngemixer gw salah campur, labu halus sempat dimasukin ke dalam telur, jadinya kocokan telur gak terlalu ngembang. 

Jadinya cake gak ngembang sampai atas, tapi hasilnya tetap seperti yang gw mau. Moist sedikit padat dan penuh buah nyaaaaaam❤️.

"Nayla dan Sweet Pumpkin Cake buatannya.jpeg"
"Sweet Pumpkin Cake.jpeg"
Seperti biasa resepnya gw modif dikit, susu bubuk  jadinya 2 sendok (resep asli 1 sendok) dan full butter (resep asli mix butter sama margarin).

Bahan bahan Sweet Pumpkin Cake: 

"Bahan-bahan Sweet Pumpkin Cake.jpeg"
- Labu yg sdh di kukus dan dihaluskan pakai garpu 170 gr

- Telur 5 butir

- Terigu protein rendah 120 gr

- Butter 100 gr

- Gula pasir 125 gr

- Susu bubuk 2 sendok dan 1/2 sendok teh baking powder

- Kismis segenggam atau lebih kalau suka

- Sukade segenggam

Jangan lupa sebelum dimasukan ke adonan ditaburi tepung ya kismis dan sukadenya biar kering dan menyebar di cake.

Cara membuat:

- Kocok butter dan labu sampai halus.

- kocok telur dan gula sampai mengembang.

- Campur hasil kocokan labu dengan kocokan telur.

- Masukkan tepung, susu bubuk dan baking powder, aduk rata.

- Tambahkan kismis dan sukade, aduk rata.

- Masukkan ke dalam loyang yang sudah di oles mentega dan ditaburi tepung.

- Panggang di suhu 170 CL panas atas bawah, selama 35-40 menit. Gw pakai oven listrik.

Tips memanggang: 20 menit pertama panas bawah aja, sisanya baru panas atas bawah. Hasilnya bisa diintip di IG ini ya (Sweet Pumpkin Cake)

Selamat mencoba ya mom, semoga hasilnya lebih baik. Makasih buat yang sudah mampir di blog ini.