Selasa, 25 Desember 2018

Ketagihan Lalampa

Hi Mom...
Pernah dengar nama lalampa?, seperti nama kerajaan antah berantah ya, tapi percaya deh ini nama makanan asal Manado yang mirip sama lemper, karena terbuat dari beras ketan, dibungkus daun pisang dan dibakar sebentar setelah dikukus biar tambah harum

Bedanya kalau lemper isi daging ayam atau abon manis, lalampa isinya daging ikan cakalang.

Perkenalan pertama saya dengan si lalampa ini secara gak sengaja. Tahun lalu ketika mau berangkat yoga pagi pagi, saya beli makanan ini karena penjualnya bilang lalampa ini enak, isi ikan cakalang pedas dan mirip lemper.

Saya makan satu pas naik ojek online yang mengantar saya ke tempat yoga. Pas dibuka langsung tercium bau harum, pedas dan wangi dari daun pisang, kemudian  terlihat ketan beras hitam, wooooow saya kan suka juga, begitu saya gigit lebih woooow lagi, enaaaaaak banget.
Beras ketan hitamnya gurih, isinya ada ikan cakalang pedas, soun dan seperti ada sayuran sedikit, ah pokoknya mulut saya gak berhenti menghabiskan satu buah lalampa, dan cukup mengganjal perut, kalau kekenyangan malah gak bisa yoga.
Suatu saat saya beliin lalampa untuk Nayla ternyata dia juga suka, apalagi dia juga doyan pedas. Sejak saat itu si lalampa ini jadi cemilan favorit kami, untungnya yang jual dekat dengan rumah kita, bahagia dong. 

Selasa, 04 Desember 2018

Jatuh Cintrong Sama Si Kecombrang

Hi Mom...

Terus terang nih gw dari dulu gak suka kecombrang, gak pernah lolos ditenggorokan, nyelip sedikit di bumbu, langsung minum air putih yang banyak biar rasanya hilang.
Eh tapi tiap hari ngeliat postingan dan komentar di foto ayam kemul (selimutan tepung roti) atau ayam gerah (ayam polos) sambal kecombrangnya buatan Cisya teman gw, kok eke ngiler ya, irisan cabe, bawang serta kecombrangnya yang menghasilkan warna warni gitu (iyalah kan lihatnya lewat foto) bikin gw terbayang bayang terus.
Akhirnya setelah lewat 1 purnama😇 kesampaian juga nyobain masakan Cisya,  taraaaaaa...... lupa kalau gak suka kecombrang, nasi, potongan ayam dan sambal kecombrang langsung masuk mulut, ternyata memang enak pake banget, ayam Mozarella pesanan Nayla juga enak, apalagi makannya pas hujan.
Ayam Gerah Sambal Kecombrang
Ayam Kemul Sambel Kecombrang
Ayam Mozarella saus Mayo
Sambal kecombrangnya dibikin sambal matah gitu, enaaak banget ternyata, langsung jatuh cinta deh sama si kecombrang ini, papanya Nayla juga suka sambal model  begini. Thanks ya Cisya masakannya enaaaak, sayang Cisya gak bikin masakan ini lagi, dia pindah kerja, semoga sukses ya.

Senin, 03 Desember 2018

So Good Spicy Chicken Strip Pedasnya Bikin Nagih

Menu ayam hampir tiap hari pasti ada di rumah, apalagi untuk bekal sekolah anak saya, ayam paling sering dia bawa jadi teman makan siang di sekolah.

Kadang saya nyetok ayam siap saji, dari bentuk nugget, atau ayam yang sudah dibumbui, dan tinggal digoreng. Karena kita sekeluarga penyuka pedas, saya juga nyetok yang rasanya pedas tapi belum pernah ketemu sama ayam siap saji yang pedasnya nampol, apalagi harus pakai tambahan sambel, ribet ah.

Nah kebetulan nih SOGood mengeluarkan produk baru namanya Spicy Chicken Strip. Produk kualitas pemium ini ternyata ada label Halal MUInya, jadi aman buat muslim seperti kami.

Terus apa dong bedanya dengan ayam siap saji yang sudah ada. Ternyata nih Spicy Chicken Strip ini terbuat dari daging ayam pilihan tanpa tulang (full meat) yang ada kulitnya serta diberi bumbu marinasi pedas spesial.

Daging ayam yang kaya dengan asam amino esensial ini memang baik untuk  pertumbuhan dan perkembangan  otot dan otak anak kita.Wah kalau kandungannya bagus kayak gini cocok dong buat anak saya juga.

Saya beli di supermarket terdekat, harganya berkisar -Rp 37.000 - Rp 39.000 untuk ukuran berat 250 gr, isinya ada 5 potong ayam.

Cara penyajiannya:
- Digoreng ketika masih beku selama 4-5 menit di api sedang 
- Atau bisa juga dipanggang/di oven selama kurang lebih 7 menit.
Ternyata rasa pedasnya lumayan nampol, tapi memang lebih enak kalau dimakan ketika barus digoreng, rasanya selain pedas, dan krispi, dagingnya yang tanpa tulang lembut banget, anak saya jadi ketagihan.
Biar gak bosen beberapa bungkus Spicy Chicken Strip saya simpan di freezer untuk jadi teman makan nasi atau sekadar jadi cemilan. Apalagi dari situsnya So Good saya dapat ide untuk memodifikasi (kok kayak mau  modif mobil ya 😀😁) jadi macam macam masakan. 


Kepingin kapan kapan saya padankan dengan salad sayur andalan saya, yaaaam, happy cooking ya mooom.