Kamis, 28 Maret 2019

Sei Sapi Nikmat Ala Warung Bu Ageng

Hi Mom.....

Di Jogjakarta, warung masakan omahan yang berlabel Warung Bu ageng milik Butet Kertaradjasa makin terkenal setelah Mark Zuckerberg dan beberapa pemeran AADC 2 juga syuting di sana.

Makanya ketika ke Jogja awal Maret 2019 lalu, warung yang berlokasi di jalan Tirtodipuran No. 13 ini juga masuk di itinerary kita, saya sih mupeng sama Sei sapinya. 
Foto Vega Probo Harumi
Sei adalah daging asap yang berasal NTT ini, di sayat tipis tipis dengan tambahan daun singkong rebus, ketimun, tomat, sambal dan kuah kaldu ala bu Ageng.

Buat kita sih enak banget, sayang porsinya kecil untuk kita yang gembul dan gragas, maklum lagi liburan dan lupa diet.
Selain itu ada juga  antara lain Sei lidah, nasi campur ayam bakar suwiran, bakwan ageng, pisang panggang kayu manis, eyem penggeng dan ayam nyelekit.
Puaslah makan di sana, sayang gak ketemu saya mas Butetnya ya, semoga next trip lagi ke Jogja bisa mampir dan makan lagi di Warung Bu Ageng.

Kamis, 21 Maret 2019

Sate Klathak Pak Pong, Sensasi Makan Sate Ditusuk Jeruji Sepeda

Hi Mom...

Sudah lama saya ngiler sama sate klathak yang tusukan daging satenya pakai jeruji sepeda, apalagi pas jadi tempat kencannya Rangga dan Cinta di AADC.
Padahal saya ini penggemar sate kambing berbumbu kacang, sedangkan sate klathak hanya dibakar dan dikasih garam, tapi kok ngeliat yang makan sate model itu kayaknya enak banget.

Makanya pas ke Jogja, sate klathak jadi salah satu makanan yang harus saya coba. Saya dan beberapa sahabat saya diantar ke tempat sate Klathak Pak Pong yang berlokasi di Jalan Imogiri Timur Km 10, Timur stadion Sultan Agung Bantul.
Sebelum sampai di pak Pong ada tempat sate klathak lagi yang tempatnya lebih bagus, tapi yang antri amboooi seperti lagu "ular naga panjangnya bukan kepalang", cacing di perut nyerah.

Di pak Pong juga lumayan sih nunggunya 1 1/2 jam euy kalau gak salah, tapi layak ditunggu satenya. Satenya lembut, gurih padahal cuma pakai garam, rasanya nasi sama sate saja sudah cukup.
Yang lain nambah lauk dengan beli sop dan tongseng tapi rasanya sih tetap lebih enak sate klathak. Kapan kapan harus kesini lagi. Total kami makan ber 7 habis kurleb 300 ribuan.
Harga yang lumayan untuk sate enak nan gurih, jangan lupa ke Jogja ikut nyicipin ini yaa.

Kamis, 14 Maret 2019

Sayur Lodeh & Pisang Goreng Ala Warung Kopi Klotok

Hi Mom....

Minggu lalu saya baru mampir di Jogjakarta, pas jam makan siang saya dan sahabat sahabat saya menuju warung Kopi klotok  yang berada di jalan kaliurang KM.16, Pakembinangun, Kabupaten Sleman.
Foto: Vega probo Harumi
Tempatnya sederhana banget, kelihatan dari luar orang antri makanan di dapur, yuuup di dapur, ternyata ini serunya. Selama ngantri ada saja yang lewat bawa sayur lodeh atau telur dadar yang lebar dan garing, kezeeel ngileeer.

Makanan rumahan tapi mungkin karena ada sensasi ngantri sampai pegel dan kena asap, sudah itu makan bisa  milih di pinggir area persawahan dengan menggelar tikar atau duduk di meja, jadi lauk sayur lodeh, sayur asem, tempe goreng, sambel dan telur dadar goreng rasanya nikmaaaat banget.
Tapi ada makanan lain yang jadi bintang disana, pisang goreng, sekali lagi pisang gorengnya biasa aja walaupun memang manis, tapi karena suasana alam pedesaan dan masih ngepul ngepul pas dianterin ya endul banget rasanya. 

Sayang gak boleh bawa pulang, pisang goreng hanya boleh makan di tempat, dan hanya boleh pesan maksimal 3 porsi padahal satu porsi isinya hanya 2 buah pisang goreng.
Jadilah kita akalin 3 orang pesan masing masing 3 porsi, gembuuul ya, tapi percaya deh makanan segitu kayak makanannya jatuh di bawah kolong meja, langsung habis licin tandas. Kapan kapan pingin ngajak Nayla dan Pop kesini deh, suasananya asik.

Tips sedikit buat yang datang kesini sudah  lewaaat makan siang tapi belum makan trus antrian puanjaaaang banget, sebaiknya antri bergantian karena sesungguhnya ngantri berdiri hampir 1 jam lebih sambil pegang piring buat ambil tempe garit, telur dadar garing dan  sesekali keluar barisan buat rebutan sambel ulek dan kena asap kayu bakar itu, benar benar gak asoy.

Saya ngalamin tuh, apalagi turun dari pesawat cuma makan sepotong roti, sakit magh akut, gemetaran dong yaaaa, akhirnya whatsapp sahabat saya yang juga sibuk bolak balik bawa nasi dan sayur lodeh, minta digantiin plus bawain pisang goreng dan teh es manis๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€ biar gak pengsan....

O iya untuk makan siang berlima, nasi 5 porsi, 3 sayur lodeh terong dan 1 sayur asem, 6 porsi goreng pisang, tempe garit 5 buah (ini juga maksimal 1 orang hanya boleh 5), 5 buah telur dadar goreng, teh manis dingin 7 gelas, kopi 2 gelas hanya 168 ribu, uwoooooow, murah meriah enak dan kenyaaaang.

Tempat ini sebagian sudah di renovasi jadi ada bagian yang asri tempat makan di meja yang dinaungi payung lebar dan berada di pinggir sawah dan taman. Jangan lupa kalau ke Jogja maksi di sini yaaaa.