Minggu, 15 November 2015

Pak Budi Yang punya Warung Sate

Kalau mau ke rumah mami di pondok gede, kita pasti ngelewatin rumah makan sate dua lantai. yang modelnya tradisional modern gitu.

Namanya warung  sate & tongseng pak Budi asli Solo. Lokasi tepatnya di Pondok Bambu, Jakarta Timur (setelah proyek BKT).

Pak budi dan warungnya sudah mulai terkenal keknya, karena sejak bulan puasa lalu, jadi bintang iklan kecap manis.

Dan baru tadi siang diajak pop makan siang  nyobain sate sama tongseng kambingnya.  Enak, dagingnya lembut, bumbunya pas di lidah saya. Daftar harga bisa dilihat di foto.
Sate Kambing pak Budi
Tongseng Kambing pak Budi

Toko Kue Majestik yang Murmer

Toko roti dan kue majestik (mayestik) ini, sekarang ada dimana-mana. Rasanya sih menurut gw so so:), enak banget juga enggak, lumayan aja, harganya juga tidak terlalu mahal. 

Tapi selalu menyenangkan kalau kesana, mungkin karena tempatnya luas, dan pilihan roti dan kuenya banyak.

Gw biasanya ke Majestik yang Pondok Bambu atau Cipinang Indah. Karena dekat rumah gw dan rumah mertua.

Apalagi mama mertua  suka minta dibeliin ongol-ongol kalau kesana. Selain itu sosis solonya juga enak, tapi khusus untuk sosis solo belinya harus pagi-pagi, kesiangan sedikit pasti kehabisan.
Black Forest gulung di Mayestik

Resep Kolang Kaling Merah yang Cantik & Kenyal

Pas lagi nginep di rumah mami, omanya nayla, ada tukang sayur yang kebetulan bawa kolang kaling atau buah atep yang bagus.

Kebetulan di rumah masih ada syrup cocopandan warna merah. Cocok untuk bikin manisan Kolang kaling manis yang dingin.

Cara buatnya gampang, cuci dan rendam kolang kaling sekitar 1 jam (mami ngajarinnya begini), kemudian rebus dengan diberi daun pandan dan daun jeruk biar harum.

Setelah mendidih dan kolang kaling lunak, tiriskan. Setelah dingin baru tuangkan syrup (tanpa tambahan gula dan air) hingga kolang kaling terendam, simpan dalam kulkas. 

Kalau lagi niat banget (karena harus menyediakan syrup warna hijau dan kuning), biasanya kolang kalingnya saya bagi jadi 3 warna. Enak di makan dingin-dingin.
Manisan Kolang Kaling
Manisan Kolang Kaling

Jumat, 06 November 2015

Warsun Ampera 2 Tak Bikin Perut beringas euy

Warsun Ampera 2 tak...... cacing di perut gw mendadak beringas kalau mendengar nama itu atau lewat pas di depan rumah makan ala sunda itu. Biasanya sih kita makannya yang berlokasi di Cikini.
Tu Kan bener kan, bikin ngeces hi...hi...
Lauknya ampun-ampunan banyaknya. Bikin ngeces😋, dari cumi, paru, ikan asin, ikan goreng, daging gepuk, pete, belum lagi macam-macam pepes, sambal, lalapan (favorit gw daun pok pohan), plus sayur asem.

Harganya sih relatif, malah sepertinya lebih murah dari rumah makan ala sunda yang gw tau. Berkisar antara 8-13 ribuan.

Semuanya sudah tersaji matang, tapi kalau mau diangetin lagi juga monggo, mereka siap manasin di penggorengan. O iya nasinya bisa ambil sendiri dengan piring yang lumayan besar, cocok buat si gembul hi...hi....
Pop semangat bener ngambil nasinya
Paru goreng favorit gw sih biasanya gak gue angetin lagi. karena gw lebih suka yang kenyal-kenyal basah getoo, ketimbang garing.
paru, usus goreng
ini cuma buat di foto #ngeles
Tapi kalau mesen usus, ya harus di angetin lagi, biar lemaknya lumer. Biasanya gw tambahin pakai sayur asem (ini bisa ambil sendiri), isinya yang gw ambil cuma labu, kacang tanah sama jagung.
Sayur asem yg pedes2 asem, ya iyalah :)
sambelnya sampai terkuras gini