Minggu, 03 September 2017

Resep Sate Domba Spesial

Makan Lamb Chop alias daging domba sih sering (lebih dari 2 kali deh, yakin hi…hi…). Tapi makan sate domba atau malah bikin sate domba belum pernah.

Kemarin kesampaian bikin sate domba. Padahal sih tadinya pas nginep di rumah mami (omanya nayla), gak mau ngapa-ngapain, lagi batuk sama datang bulan, lagi manja gitu deh wkwkwkwkwk.

Tapi pas sore tiba-tiba kepikiran bikin sate. Jadilah adik gw grabak grubuk nyari arang batok dan lidi sate di depan komplek. Masih kebagian 4 bungkus arang batok, dan tusuk sate 100 biji.

Kalau bumbu satenya sih niatnya Cuma pake kecap dikasih irisan kol, cabe, bawang merah, tomat sama perasaan jeruk nipis.

Buat tungku arangnya, mami banyak bata putih besar-besar yang dia taruh di depan pagar buat menangkal banjir, kok menangkal banjir pakai batu bata besar?, gak usah dipikirin, kita pikirin sate domba aja yuuuuk☺☺☺.
Sate Domba Maknyuuus ala GW
Domba sama kambing beda ya, siapa tau ada yang siwer antara domba sama kambiang. Domba bulunya banyaaak banget dan tebal tapi kriwel-kriwel yang biasa disebut wol, sedangkan kambing selain berjenggot bulunya lurus-lurus.
Daging domba ketika mau gw potong (kebetulan daging paha yang montog mirip paha keponakan gw), warnanya merah muda.

Gw sudah mulai paham buat mengolah daging kambing, jadi pasti gak beda jauh dong dengan domba, jangan di cuci, biar lembut dan gak bau prengus.  

Dagingnya juga gak perlu di bungkus daun pepaya atau buah nanas. Sudah lembut, yg penting pas di bakar jangan sampai kematengan. 

Kemarin sih gw motong asal aja, yang penting daging di paha domba itu lepas semua. Ukuran daging satenya gw usahain sama, kotak-kotak ukuran sedang.

Hasil bakaran pertama gagal, karena gw kan sukanya yang gosong ternyata malah keras dagingnya ha..ha.... untung cuma 8 tusuk.

Percobaan kedua berhasil dengan sukses, daging yang hanya dioles mentega ini,  dibakar bolak balik cukup sampai berwarna kecoklatan dan lemaknya lumer.  Enaaaaak banget dan lembut, bahkan tanpa bumbu apapun sudah enak.

Yang bakar gantian, adik gw sama papanya  Nayla. Sate domba dimakan cukup dengan nasi panas, saus kecap pedas dan irisan kol, yaaaaaaaaam.
Kembaran Nayla, Perdana bakar sate

Tidak ada komentar:

Posting Komentar