Kamis, 22 Agustus 2019

Resep Sambal Matah Kecombrang

Hi Mom...

Ada emak emak pemalas kayak gw gak ya? yang kalau masak lauk atau nyambel berdasarkan mood. Padahal nih suami orang padang yang doyan pedas dan sambal buatan gw. 

Untungnya kalau gak ada sambal ya dia nerimo nerimo aja, rasa pedas cukup dia rasain dari mulut istrinya yang bawel ini aja wkwkwkwkwk, suami idaman gw yang kayak gini  ya gaes, catet😉

Kalo lagi mood dan rajin gw bisa bikin sambal dadak atau sambal tumis semangkuk besar yang cukup  untuk seminggu. cuma ya itu gw gak kuat sering sering ngulek, sayangnya gw juga anti blender, lebih suka ngulek, karena aroma dan rasanya lebih keluar, atau mending di rebus dulu deh bahan bahannya baru ulek.

Kebetulan sudah dua minggu menyimpan Kecombrang di kulkas, pas beli sih niatnya pingin bikin sambal  kecombrang  seperti buatan teman gw, yang ternyata rasanya enaaak banget si kecombrang ini (baca ini yaaa Jatuh Cintrong Sama si Kecombrang).

Selain kangen sama rasanya, buatnya juga simple, hanya di iris-iris, campur campur, terus siram minyak sayur panas, kasih garam gula secukupnya, karena sudah ada taburan terasi bakar.

Resep Sambal Matah Kecombrang

Bahan yang diiris halus (gak sehalus sutra juga yaaaa)
- Kecombrang dua batang yang bagus, kupas kulitnya kalau kering, dalamnya agak basah dan segar. 
- Bawang merah 13 buah, saya suka bawang merah manis, makanya dilebihkan jumlahnya.
- Bawang putih 5-6 buah.
- Cabe rawit merah 10 buah.
- Daun jeruk yang muda 5 buah, buang batang tengahnya.
- Terasi dua buah kalau kecil, bakar biar garing.
- Jeruk nipis 2 buah, ambil sarinya.
- Garam, gula secukupnya.
- Minyak sayur 6-7 sendok di panasin

Cara Membuatnya:
- Semua dicampur, aduk rata, terasi ditaburkan di atasnya, tambahkan garam, gula, air jeruk nipis, aduk rata.
- Panaskan minyak sayur, kemudian masukan ke campuran sambal, aduk rata lagi. koreksi rasa ya mam, kalau kurang asem tambahin aja jeruk nipisnya. 
Si Kecombrang yang Fenomenal
Taraaaaaa...... di makan bareng telor dadar atau ceplok aja endes banget, apalagi Nayla ternyata yang gak pernah makan sambal model begini, apalagi ada kecombrangnya, makan siang pakai ayam panggang dan sambal matah kecombrang  ini, enak katanya yaaaaaay.....

Cobain bikin yuk mam, biar awet simpan di kulkas, kalau mau makan setengah jam sebelumnya sudah dikeluarkan dari kulkas. Selamat makan.

2 komentar:

  1. Di pasar kecamatan jarang ada kecombrang, padahal enak juga rasanya dan memang memberi sensasi segar. Saya kangen kecombrang, kalau ada yang jual pengen beli untuk dibikin sambal atau campuran bumbu ikan asin.
    Sambalnya enak, pengen bisa praktikkan. D

    BalasHapus
  2. Hi mba rohyati makasih sudah mampir, ternyata kecombrang memang enak ya mba segaaar

    BalasHapus